Belajar Aspek Bisnis PDAM, Mahasiswa UMMI Sukabumi Kunjungi PDAM
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4892 kali sejak 31/10/2017 16:26:43


BOGOR – Sebanyak 63 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dari program studi Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis mengikuti Kunjungan Kuliah Lapangan (KKL) di IPA Dekeng, Senin (30/10/2017).
Rektor UMMI Sakti Alamsyah menerangkan, KKL ini dalam rangka meningkatkan kualitas akademik mahasiswa semester 5 dan 7 tersebut. PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dipilih karena punya prestasi gemilang di bidang pelayanan publik.
Rombongan diterima langsung Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya di ruang rapat utama PDAM Kota Bogor. Dalam sambutannya, Deni menyampaikan apresiasi atas kehadiran para mahasiswa yang ingin belajar mempelajari aspek bisnis yang dijalankan perusahaan air minum milik Pemerintah Kota Bogor tersebut.
“Lini bisnis PDAM adalah pelayanan pelanggan. Berkat pelangganlah PDAM bisa tumbuh dan berkembang seperti saat ini, sehingga PDAM mendapatkan banyak penghargaan di tingkat nasional,” kata Deni.
Setelah diterima Direktur Utama, para mahasiswa bergeser meninjau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng di Kelurahan Genteng Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Di aula IPA kapasitas 1500 liter perdetik itu, peserta KKL menerima materi pengolahan air bersih dari Kepala Sub Bagian Pengolahan Asep Yoga.


Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana yang hadir di IPA Dekeng juga berkesempatan menyampaikan program-program PDAM, terutama menganai aspek bisnis yang dijalankan manajemen. Menurut Syaban, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan air minum, PDAM pun dituntut untuk mencetak laba.
“Dalam aturannya, 55 persen dari laba bersih PDAM ini disetor ke pemerintah daerah sebagai PAD (pendapatan asli daerah). Nah, dana itu bisa kembali ke PDAM sebagai PMP (penyertaan modal daerah) yang kita kelola untuk membiayai infrastruktur, seperti misalnya perbaikan pipa bocor, membangun jaringan pipa baru dan lain-lain. Ini untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat Kota Bogor,” ujar Syaban.(humas dan sosial)