PDAM Jajaki Kerjasama Dengan Denmark
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3494 kali sejak 11/09/2014 01:24:05

 

Direksi PDAM Tirta Pakuan menerima rombongan dari operator air minum Denmark, Vand Center Syd pada Rabu (10/9).  Operator air minum yang telah berusia 150 tahun itu menawarkan kerjasama penurunan air tidak berekening atau Non Revenue Water (NRW). 

Henrik Juul, senior project manager Vand Center Syd, memaparkan kiat sukses perusahaannya menekan tingkat kehilangan air hingga menjadi 5 persen tanpa melakukan penggantian pipa secara besar-besaran. Salah satu kunci suksesnya adalah menerapkan pemasangan geo-coding pada seluruh meter pelanggan sehingga kebocoran dapat dideteksi akurat. Dengan demikian penggantian pipa dapat dilakukan secara prioritas.

Henrik didampingi Jens Dyrberg Nielsen, market director ground water & NRW Envidan Water A/S, Anita Aitken, deputy head of trade Kedutaan Denmark, serta dua orang konsultan profesional air minum perpipaan tanah air. Adapun dari PDAM Tirta Pakuan dihadiri Direktur Teknik Henry Darwin, Direktur Umum Syaban Maulana serta Kabag Trandis Deni Surya dan Kasubag Pengalir Dhani Rahmawan.

Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Untung Kurniadi menyambut baik tawaran operator air minum dari Denmark itu dalam menurunkan tingkat kehilangan air. Bahkan Untung dalam waktu dekat akan menjajaki potensi kerjasama dalam mengatasi NRW di PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. “Kita akan jajaki lebih lanjut,” katanya.