2019, Air PDAM Siap Minum
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4036 kali sejak 05/02/2015 13:28:58

 

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Untung Kurniadi mengungkapkan air PDAM dapat langsung diminum dari keran pada tahun 2019. Hal itu dipaparkan Untung pada seminar Pengelolaan Sumber Daya Air Terintegrasi di kampus Universitas Ibn Khaldun (UIKA) pada Kamis (5/2) siang.

Untung menjelaskan saat ini produksi air PDAM Tirta Pakuan pada instalasi pengolahan air yang dimiliki PDAM Tirta Pakuan sudah memenuhi kualitas air minum sebagaimana yang dipersyaratkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492/Menkes/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. "Jadi sudah layak minum," kata Untung.

Hanya saja dikarenakan jaringan perpipaan yang belum cukup memadai dari instalasi pengolahan hingga ke jaringan distribusi maka air PDAM ketika sampai di pemukiman tidak lagi memenuhi persyaratan untuk diminum langsung. "Kita akan perbaiki secara bertahap karena membutuhkan dana yang tidak sedikit. Rencana 2019 air PDAM bisa langsung diminum dari keran," kata Untung.

Untung juga memaparkan sudah ada sejumlah zona wilayah tertentu yang pasokan air PDAM Tirta Pakuan dapat langsung diminum. Zona wilayah yang dikenal sebagai Zona Air Minum Prima (ZAMP) itu selain kondisi jaringan perpipaannya sudah memadai juga petugas PDAM secara rutin memantau sisa klor untuk memastikan air PDAM memenuhi persyaratan air minum.

 

Seminar itu sendiri dibuka langsung oleh Walikota Bogor Bima Arya dan menghadirkan empat pembicara yang didaulat sebagai narasumber. Keempat narasumber adalah Professor Geoffrey D. Gooch dari University of Dundee United Kingdom, Professor Hadi S.Arifin pakar Architechture Landscape dari Institut Pertanian Bogor, H. Untung Kurniadi Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, serta Ir. Helmi Faisal Kepala BPSDA Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane.