Jokowi Ngantor di Istana Bogor, PDAM Siapkan Pasokan Air
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3242 kali sejak 13/02/2015 03:16:04

 

Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di Istana Bogor membuat berbagai pihak melakukan persiapan. Salah satunya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor.

Menurut Direktur Utama PDAM Untung Kurniadi, berdasarkan undangan dari pihak istana pada Selasa lalu telah dibahas bahwa presiden, mulai Kamis (12/02/2015) ini, akan menetap di Istana Bogor.

Untuk itu, pihak istana meminta PDAM melakukan pengecekan dan simulasi, jika suatu saat terjadi gangguan terhadap pengaliran air bersih ke istana.

Berdasarkan hasil rapat dengan pihak Sekretariat Negara (Setneg) Istana Bogor, pihak PDAM mengusulkan agar Istana Bogor membangun groundtank milik sendiri di dalam istana.

Groundtank berfungsi sebagai tempat penampungan air besih. Jadi, jika suatu saat ada kendala, PDAM tetap bisa memasok air secara manual.

“Jika sudah dibangun, PDAM tetap bisa memasok langsung dari mobil tangki,” kata Untung kepada heibogor.com, Kamis (12/2/2015).

Dengan menetapnya Presiden RI di Bogor, akan ada perbedaan yang signifikan terkait kebutuhan air di istana. Selama ini, kebutuhan air untuk Istana Bogor mencapai 10 meter kubik per bulan dengan catatan hanya kegiatan rutinitas biasa tanpa ada aktivitas tertentu.

Diperkirakan, jika Presiden Jokowi telah aktif, maka kebutuhan air rumah tangga istana bisa mencapai 70 meter kubik per bulan.

Ditambahkan Untung, selama ini ada prosedur tetap jika presiden berkunjung. Faktor keamananan mejadi penting, sesuai dengan prosedur tetap standar PDAM.

Nantinya, pihak istana, dari pihak Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), akan mengawasi dan mengawal lokasi-lokasi sumber air.

Untung menyatakan sudah melapor kepada Wali Kota mengenai rencana Presiden Jokowi untuk menetap di Istana Bogor. Pihaknya kini masih menunggu perintah dari Wali Kota terkait penganggaran khusus.

"Tapi, pada prinsipnya, PDAM sangat siap untuk mendukung dan memasok kebutuhan air bersih ke lingkungnan istana,” pungkasnya.

Dikutip dari Heibogor.com, untuk tautan berita klik: Heibogor.com