Tiga Bulan, Tangani 2.226 Kebocoran
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3058 kali sejak 06/04/2015 08:24:20

Tim Penanggulangan Kebocoran PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor memperbaiki pipa distribusi 12 inch  di simpang Jalan Djuanda - Kapt Muslihat pekan lalu. 


Tim Penanggulangan Kebocoran PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor telah memperbaiki 2.226 titik kebocoran dalam tiga bulan terakhir. Umumnya, perbaikan berupa penanganan pipa distribusi 2-18 inchi di enam zona pelayanan.

Kepala Sub Bagian Penanganan Kebocoran PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Dani Rakhmawan mengungkapkan, dalam triwulan pertama 2015, timnya bekerja ekstra keras hingga memperbaiki lebih dari 2000 titik kebocoran di enam kecamatan di Kota Bogor. Komposisinya, Januari menangani 709 titik, Februari 691, dan Maret 826.

“Tiap bulannya rata-rata kita perbaiki 750 titik bocor. Terdiri dari Pipa Dinas, Pipa Distribusi dan Pipa Transmisi. Kami juga mengecek pipa persil (biasanya untuk pelanggan yang mengeluh pembayaran air melonjak, karena ada kebocoran di sambungan setelah meter air) hingga 876 SR (sambungan rumah),” kata Dani di ruang kerjanya, Senin (6/1).

Inilah pipa AC yang rusak akibat karet coupling termakan usia.

Dalam sepekan terakhir, Tim Penanggulangan Kebocoran memperbaiki sambungan coupling pipa AC di zona 3 dan 4. Dani mengungkapkan, rata-rata kerusakan akibat fisik pipa yang telah keropos akibat faktor usia. Misalnya di sekitar persimpangan Jalan Djuanda - Kapten Muslihat ada kebocoran pipa 12 inch.

Coupling di daerah itu memang sudah 30 tahunan. Dampaknya cukup terasa. Banyak pelanggan di zona 3 dan 4 (Jalan Djuanda hingga Yasmin Bogor Barat) tak dapat air. Atau banyak air yang keluar hingga ke jalan,” kata Dani.(HUMAS DAN SOSIAL)