Chika Audika, Duta Air PDAM Kota Bogor 2015
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4416 kali sejak 12/04/2015 08:34:43

IKON PDAM: Duta PDAM Kota Bogor 2015 Chika Audika (depan, kedua dari kiri) bersama Direktur Utama PDAM Kota Bogor, H. Untung Kurniadi (kiri), Direktur Umum, H. Ade Sya'ban Maulana (kedua dari kanan) dan Plt Direktur Teknik, H. Deni Surya Sendjaya (4/4).

Saatnya Beraksi Nyata untuk Kota Bogor

Muda, pintar, percaya diri dan bertalenta. Itulah beberapa ungkapan yang tergambar pada diri Chika Audika, Duta Air PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor 2015. Dara cantik ini punya mimpi mengubah pola pikir warga Kota Hujan dari yang terbiasa boros air, jadi lebih sadar memanfaatkan air. Seperti apa langkahnya?
----------------------------
Tak terpikir sebelumnya oleh Chika bagaimana bisa menyandang gelar Duta Air. Ilmu yang didapatnya selama ini tak ada kaitannya sama sekali dengan air. Yang ada dipikirannya saat itu adalah membuat orang tuanya bangga, sukses di bidang akademik maupun nonakademik.

Namun, saat Pemimpin Redaksi Harian Bogor Today Alfian Muzani menyebut namanya sebagai pemenang dalam prosesi pemilihan di Jungle Fest (4/4), gadis 18 tahun langsung berpikir, ”inilah saatnya saya berbuat untuk Kota Bogor.” Sesuatu yang sangat jarang ditemukan pada diri anak-anak muda seusia Chika..

Chika memang tipe perempuan yang tidak mudah puas. Tiga besar atau Mojang Wakil Pinilih III untuk ajang Mojang Jajaka Kota Bogor 2014 tak membuatnya kendur mencoba hal-hal baru. Informasi dari sahabat karibnya, Claudia Nouvani Sarumpaet (Duta Air PDAM Kota Bogor 2014) yang menyebutkan ada pemilihan Duta Air 2015, tak disia-siakan. Diawali kalimat Basmallah, dia putuskan mendaftar dan ikut berkompetisi.

“Kak Claudia bilang ke saya, ‘Cik, kamu ikut saja Duta Air PDAM. Programnya jelas, kita nggak dilepas, dibimbing banget, dan benar-benar dihargai.” ujar Chika. Claudia sendiri merupakan senior Chika sebagai Mojang Pinilih II Kota Bogor 2013. “Kak Claudia dekat banget dengan saya. Makanya saya tertarik ikut,” kata gadis yang bercita-cita menjadi presenter itu.

Chika optimis dengan keikutsertaan pada salah satu ajang bergengsi Kota Bogor ini, kendati di daftar peserta terdapat nama Dini Anindita. Dini merupakan kompetitor Chika di Moka 2014 dan menjadi Mojang Pinilih II. Namun karena alasan kesehatan, Dini tak melanjutkan kompetisi. Ini yang membuat Chika lebih pede menyandang gelar Duta Air 2015.

Seluruh tahapan kegiatan dijalani putri sulung pasangan M. Nasron dan Endang Khaeruningsih ini dengan mulus. Banyak ilmu bermanfaat selama proses pemilihan, dari belajar memoles wajah, kepribadian hingga hipnotis. Dia bahkan sempat mempraktekkan "kursus kilat" hipnotisnya ke teman-teman, meski hasilnya kurang memuaskan.

Dua hari jelang final, Chika mengintensifkan persiapan. Selama itu dia mempelajari semua hal tentang air, menghapal call center PDAM Kota Bogor, hak dan kewajiban pelanggan, hingga meteran air. Tak peduli penuh sesak penumpang di KRL yang menghantarkannya ke kampus UI Depok. Jadwal Ujian Tengah Semester (UTS) yang berbarengan dengan final pemilihan, juga dia akali. Chika coba lobi dosen mata kuliahnya agar bisa rescedule ujian.

“Saya ingin total dulu buat final pemilihan. Saya ketemu dosen, minta jadwal ulang karena ada final pemilihan Duta Air. Untung dosen saya mendukung, karena saya kan bawa nama almamater juga. Ujian buat saya ditunda minggu depannya,” cerita Chika sambil tertawa.

Ternyata, itu belum berakhir. Seluruh bahan bacaan yang dilahap selama dua hari itu sama sekali tak muncul pada pertanyaan penentuannya. Dalam list pertanyaan yang diambil dari dalam kotak, ia hanya harus menjawab kaitan antara organisasi yang sedang digeluti dengan rencana jika menjadi Duta Air 2015. Dia menjawabnya dengan lugas, tegas dan lantang.

“Saya sampaikan, kalau saya terpilih akan terapkan tiga ‘M’. Pertama, menjadikan warga Kota Bogor lebih mencintai pentingnya air bagi kehidupan. Kedua, menunjukkan performa terbaik sebagai ikon Duta Air 2015. Ketiga, memberikan kontribusi secara langsung dengan mendukung seluruhnya kegiatan PDAM Kota Bogor. Saya ingin berbuat sesuatu untuk warga Kota Bogor dengan aksi yang nyata,” beber dia.

Jurus itu ternyata mampu menggugah hati dewan juri, yang terdiri dari Alfian Muzani, Direktur Teknik PDAM, H. Deni Surya Sandjaya dan Direktur Umum PDAM, H. Ade Sya’ban Maulana untuk menetapkannya sebagai Duta Air 2015. Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Untung Kurniadi memasang selendang saat itu juga.

Inilah saatnya bagi Chika mengembangkan bakat dan menunjukkan jati dirinya. Menjadi Duta Air juga menjadi kesempatan berharga untuk bisa tampil di ajang-ajang bergengsi atau bidang lain yang lebih menjanjikan. (HUMAS DAN SOSIAL)

BIODATA
NAMA : Chika Audika
Lahir : Bogor, 11 September 1996
Tinggi/Berat Badan :163 cm/60 kg
Profesi : Penyiar/Mahasiswa
Pendidikan :
1. TK Assalam Bogor
2. SDN Tajur 1 Bogor
3. SMPN 9 Bogor
4. SMAN 4 Bogor
5. Universitas Indonesia
Prestasi :
1, Mojang Jajaka Kota Bogor sebagai Mojang Pinilih III
2. Finalis Annoucer Lesmana Fun Broadcast 2013
3. Juara 1 Monolog tingkat 3 Provinsi
4. Juara 3 B-Next (Bogor Next Generation)
5. Juara 3 Puisi FLSN Tingkat Jawa Barat