Segudang Ilmu Baru dari IWWEF
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3624 kali sejak 23/04/2015 01:13:54

BELAJAR: Sejumlah staf PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengamati sebuah pipa dalam pameran IWWEF 2015 di Hotel Bidakara, Jakarta, (22/4). (foto:humas dan sosial)

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor turut berpartisipasi dalam forum nasional Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum (IWWEF) 2015, di Hotel Bidakara Hotel Jakarta, (21-23/4). Meski tak ambil bagian dalam sesi pameran, Tirta Pakuan tetap aktif dalam forum sharing dengan sejumlah PDAM dan perusahaan pengolah air bersih dari seluruh Nusantara.

Setidaknya ada 40 karyawan PDAM dari berbagai subbagian yang mengunjungi hotel di kawasan elit Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat itu. Mereka mendapat tugas khusus dari Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Untung Kurniadi untuk mengamati perkembangan PDAM dan perusahaan air swasta dari seluruh Indonesia dan menyerap ilmunya.

“Kami minta seluruh karyawan yang berkunjung ke pameran itu menelaah, apa ada program-program dari PDAM lain dari seluruh Indonesia yang bisa kita adopsi. Kalau ada yang bagus, ya bisa kita pertimbangkan untuk menerapkannya di Bogor,” kata Untung.

Di Jakarta, rombongan sangat antusias mengamati teknologi-teknologi pengolahan air bersih yang dipamerkan sejumlah perusahaan. Di antaranya Western Valves yang dipasarkan PT Tirta Perdana Mandiri serta bisnis pengolahan air ala perusahaan pengolahan air asal Batam, PT Adhya Tirta Batam (ATB).

Para staf PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor juga terlibat diskusi dengan PDAM Bandarmasih Banjarmasin, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, dan sejumlah perusahaan air bersih lainnya.
IWWEF 2015 sendiri diprakarsai Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi). Ini merupakan agenda rutin tiap dua tahunan. Tema untuk tahun ini adalah Air Untuk Rakyat.

Selain pameran, Perpamsi juga mengadakan berbagai seminar. Salah satunya forum diskusi dengan topik hangat pencabutan UU No 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air (SDA) oleh Mahkamah Konstitusi pada Februari lalu. Perpamsi juga memberikan penghargaan kepada sejumlah PDAM se Indonesia.(humas dan sosial)