PDAM Besar Berkat Pelanggan
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2689 kali sejak 25/04/2015 15:35:39

DETIL: Dirut PDAM Kota Bogor, H. Untung Kurniadi (kiri) menjawab pertanyaan pelanggan dalam Temu Pelanggan PDAM Kota Bogor di Botani Square, Sabtu (25/4). (foto: humas dan sosial)

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melestarikan “tradisi” tahunannya yang jarang dimiliki PDAM lain di seluruh Indonesia, yakni Temu Pelanggan. Pertemuan antara seluruh pejabat dan direksi, Walikota Bogor, DPRD, Ombudsmen RI dengan ratusan perwakilan pelanggan ini berlangsung di Botani Square, Sabtu (25/4).

Acara ini menjadi ajang sounding informasi dan prestasi yang disampaikan direksi. Pelanggan pun dapat sharing keluhan yang dijawab langsung Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Untung Kurniadi dan Walikota Bogor, Bima Arya. Temu Pelanggan pun terasa lebih hidup dengan kehadiran host kondang Tina Thalisa dan Duta Air 2015 Chika Audika.

Dirut Untung menyampaikan serangkaian program serta prestasi yang diraih perusahaan pengolahan air bersih milik Pemkot Bogor ini. Dua hal yang dianggap paling membanggakan adalah raihan lima besar PDAM terbaik se-Indonesia, serta nomor satu se-Jawa Barat.

“Saat ini cakupan layanan kita sebesar 78,6 persen. Jauh di atas rata-rata nasional yang hanya 60 persen. Dan pelanggan yang hadir di sini (Botani) adalah termasuk yang 78,6 persen itu,” kata Untung yang langsung disambut tepuk tangan para pelanggan yang hadir.

Dia menjelaskan, PDAM tak meraih prestasi emas itu dengan cara instan. Untung menyebut, perusahaan yang pada 2015 genap 38 tahun ini bisa berkembang cepat berkat tiga keberuntungan. Pertama, PDAM berada di area Kota Bogor yang kondisi geografis dan tofografisnya sangat istimewa, sehingga mengandalkan gravitasi bumi. “ Ini bisa hemat biaya, karena tak menggunakan energi pompa yang boros listrik. Proses pengolahan air kita sebanyak 80 persen disokong gaya gravitasi,” ungkap Untung.

Keberuntungan kedua, lanjut dia, PDAM Kota Bogor punya pelanggan yang sangat kritis. “Saya dua kali dilaporkan ke ombudsmen. Itu karena pelanggannya sangat kritis. Tapi laporan itu dapat diselesaikan dengan baik. Dan pelanggan yang hadir pada hari ini (25/4) adalah pelanggan yang kritis. Tidak ada yang disebut setingan atau dikondisikan. Semua mengalir. PDAM bisa tumbuh sebesar ini juga berkat pelanggan,” tegasnya.

Terakhir, Untung merasa beruntung memiliki atasan sekaliber Bima Arya yang memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan PDAM.

HANGAT: Tina Thalisa menjadi host dan moderator dalam sesi diskusi. (foto: humas dan sosial) 

Forum yang dihadiri 400an perwakilan pelanggan yang terpilih secara acak dari enam kecamatan se-Kota Bogor ini berlangsung sangat meriah. Apalagi kehadiran sesi diskusi dipandu langsung presenter cantik Tina Thalisa. Mantan news anchor Trans TV dan TV One ini cukup membuat suasana semakin hangat. Mantan Mojang Bandung kelahiran 24 Desember 1979 ini bahkan takjub setelah tahu acara ini menjadi inspirasi bagi PDAM lain di seluruh Indonesia.

PDAM pun memberikan penghargaan Pelanggan Peduli masing-masing kepada Sutardi dan Sukamto. Serta Pelanggan Disiplin yang diberikan kepada Meliana Low, Muhammad Ali, Muhammad Zaenal, dan Frederik Shah. (humas dan sosial)