Batam Kagumi PDAM Kota Bogor
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2791 kali sejak 04/05/2015 14:17:48

BERBAGI KIAT: Direktur Umum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Syaban Maulana (kanan) menyerahkan cinderamata kepada Wakil Kepala BP Batam Jon Arizal di Ruang Rapat Utama PDAM Kota Bogor, Senin (4/5). (foto: humas dan sosial) 

Badan Pengusahaan (BP) Batam nampaknya tertarik dengan efisiensi pengelolaan PDAM Tirta Pakuan. Mereka merasa perlu mempelajari kiat-kiat manajemen perusahaan air yang dilakukan PDAM hingga sukses menembus lima besar terbaik nasional, dan nomor satu di Jawa Barat.

Tak tanggung-tanggung, kunjungan pada Senin (4/5) ini diikuti Wakil Kepala BP Batam, Jon Arizal. Jon mengikutsertakan dua bawahannya, yakni Direktur Pengelolaan Air dan Limbah BP Batam, Budiman Maskan dan Kepala Bidang Pengelolaan Air, Tutu Witular. Mereka ingin mengetahui program Uprating yang dilakukan Tirta Pakuan Kota Bogor.

Jon menjelaskan, penyediaan air bersih di Batam dikelola oleh perusahaan swasta bernama PT Adhya Tirta Batam (ATB). Kerjasama dua pihak yang habis masa kontraknya pada 2020 ini kini mengelola 220.000 pelanggan. Jon sendiri menjabat komisaris pada perusahaan yang dipimpin pria asal Inggris, Graham Fairclough itu.

Sementara itu, Budiman Maskam melihat ada kesamaan yang signifikan antara PDAM Kota Bogor dengan BP Batam. Di antaranya jumlah penduduk tingkat permasalahan dan program uprating. Dia pun mengundang direksi dan manajemen Tirta Pakuan berkunjung ke Batam untuk bersama-sama membahas permasalahan air yang memang cukup kompleks.

Budiman pun tertarik dengan penyediaan air siap minum yang sebagian telah berjalan di Kota Bogor. Mantan Direktur Pembangunan BP Batam ini kagum karena PDAM Kota Bogor sudah mampu mendistribusikan air bersih siap minum untuk 14.000 pelanggan, dari 133.000 yang terdaftar. “Ini bagus, berarti sudah hampir 10 persen pelanggan PDAM Kota Bogor yang bisa minum air PDAM langsung dari kran,” kata dia.

Kunjungan pejabat BP Batam ini diterima Direktur Umum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Syaban Maulana; Plt Direktur Teknik, H. Deni Surya Senjaya; Sekretaris Perusahaan, H. Hendra Setiawan; Kabag Produksi, Adi Gunadi; dan Kabag Perencanaan dan Pengawasan Teknik, Jamalis. Syaban menjelaskan struktur dan fungsi kerja PDAM Tirta Pakuan yang berada langsung di bawah Walikota Bogor.

“Kalau di Batam, perusahaannya dikelola swasta, sedangkan di Kota Bogor PDAM itu berada di bawah kendali Walikota Bogor. Ada pula Dewan Pengawas yang menjadi representasi Walikota. Jadi Walikota, Direksi, Dewan Pengawas, dan DPRD bahu membahu meningkatkan kesejahteraan warga Bogor untuk penyediaan air bersihnya,” kata Syaban.(humas dan sosial)