Panel Pompa Terbakar, Sebagian Zona 6 Terganggu
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4489 kali sejak 11/05/2015 16:30:45

NYARIS HANGUS: Inilah bentuk panel pompa di Kompleks Mata Air Kota Batu yang terbakar Senin malam (11/5/2015).(foto: humas dan sosial)

Panel pompa di kompleks mata air milik PDAM Kota Bogor di Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, Senin malam (11/5/2015) terbakar. Akibatnya, sebagian pasokan air ke zona 6 yang meliputi Jalan Nurkim, Gang Kosasih, Jalan Cibeureum, Gang Jambu, Perum Cendana dan Perumahan Muara Asri terganggu. 

Kerusakan panel ini, menurut Kepala Bagian Produksi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Adi Gunadi, terjadi setelah aliran listrik PLN ke area mata air dan sekitarnya mendadak turun (trip) pada pukul 19:00.Setelah melakukan pengecekan, petugas PDAM melihat panel untuk mengalirkan daya listrik ke pompa nyaris hangus terbakar.

Hingga berita ini dirilis pukul 22:00, tim teknis PDAM Kota Bogor sedang mengupayakan perbaikan dengan mengganti beberapa elemen listrik. Selain itu, petugas memfungsikan panel manual dengan sejumlah perakitan sederhana.

“Kita upayakan perbaikannya selesai pada pukul 00:00. Kalau semua peralatannya lengkap, jam segitu Insya Allah selesai, sehingga pelanggan tidak terlalu terganggu pada pagi harinya besok (12/5/2015),” kata Adi lagi.

Panel yang terbakar tersebut berfungsi untuk menyalurkan daya listrik menuju empat pompa. “Pompa ini untuk menyedot air dari reservoir ke pelanggan. Jadi kalau panelnya rusak, ya pompanya tidak berfungsi. Tentu pasokan air ke pelanggan akan terganggu,” urai Adi. (humas dan sosial)


 PERBAIKAN: Kabag Produksi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Adi Gunadi (kanan) memantau langsung perbaikan panel pompa yang rusak. (foto: humas dan sosial)