Gangguan Panel Teratasi, Pasokan PDAM Kembali Normal
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3507 kali sejak 12/05/2015 03:07:36

NORMAL: Petugas memeriksa mesin pompa di mata air Kota Batu, Selasa (12/5/2015) dinihari.

Gangguan panel pompa di kompleks mata air milik PDAM Kota Bogor di Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor akhirnya dapat teratasi, Selasa (12/5/2015) pukul 00:30. Panel pompa tersebut terbakar pada Senin malam (11/5/2015) sekitar pukul 19:00, menyebabkan pasokan air ke pelanggan di zona 6 terganggu sementara.

Kerusakan panel ini, menurut Kepala Bagian Produksi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Adi Gunadi, terjadi setelah aliran listrik PLN ke kompleks mata air itu turun (trip). Setelah melakukan pengecekan, petugas PDAM melihat panel untuk mengalirkan daya pompa nyaris hangus terbakar.

Tim teknis PDAM Kota Bogor sedang mengupayakan perbaikan dengan mengganti beberapa elemen listrik. Selain itu, petugas memfungsikan panel manual dengan sejumlah perakitan sederhana. Panel yang terbakar tersebut berfungsi untuk menyalurkan daya listrik menuju empat pompa. “Pompa ini untuk menyedot air dari reservoir ke pelanggan. Jadi kalau panelnya rusak, ya pompanya tidak berfungsi. Tentu pasokan air ke pelanggan akan terganggu,” urai Adi.

Setelah bekerja ekstra keras lima setengah jam, tim teknik PDAM akhirnya berhasil memperbaiki panel dengan mengganti beberapa elemen listrik. Adi pun memastikan pasokan air ke kawasan terdampak, seperti Jalan Nurkim, Gang Kosasih, Jalan Cibeureum, Gang Jambu, Perum Cendana dan Perumahan Muara Asri, kembali normal.

“Kami atas nama managemen mohon maaf kepada masyarakat dan pelanggan yang terdampak langsung gangguan ini. Peristiwa ini benar-benar di luar perkiraan kami. Saat problem muncul, kami berupaya maksimal agar kerusakan bisa ditangani secepat-cepatnya. Sebab kami selalu mengutamakan pelayanan pelanggan,” kata Adi lagi. (humas dan sosial)