Transaksi Online Gagal, Perhatikan Empat Hal ini
Oleh: Humas PDAM - dibaca 14724 kali sejak 19/05/2015 11:13:22

MUDAH: Seorang warga menggunakan ATM di ATM Center PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Selasa malam (19/5). Pelanggan PDAM dapat memanfaatkan layanan ATM pada bank yang telah ditunjuk untuk membayar tagihan PDAM Kota Bogor. (foto: humas dan sosial)

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor selalu berupaya memberikan layanan maksimal kepada pelanggan dengan berbagai program. Salah satunya, kemudahan pembayaran tagihan secara online, baik melalui ATM pada bank yang telah ditunjuk, Payment Poin Online Bank (PPOB) maupun E-Channel Banking untuk nasbah Bank Mandiri.

Namun, ada saja kendala yang dapat membuat pelanggan kesulitan memanfaatkan layanan nontunai PDAM ini. Sekretaris PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Hendra Setiawan menyebutkan, masalah ini bisa terjadi karena faktor teknis dan nonteknis. Tapi dia enggan berkomentar soal kendala teknis, karena hal tersebut adalah urusan provider bank yang bersangkutan.

Menurut Hendra, ada empat penyebab transaksi pembayaran online gagal diproses. Pertama, pelanggan menunggak tagihan lebih dari dua bulan. Kedua, ada restitusi rekening (pengembalian kelebihan bayar) yang harus diambil pelanggan di kantor PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

Ketiga, kata Hendra, ada pembayaran non-air yang belum diselesaikan pelanggan. Tagihan ini berupa cicilan pasang baru (PB), Biaya Bukaan Kembali (BKK), perbaikan pipa persil, dan lain-lain. Keempat, pembaca meter (PM) tak bisa membaca angka meter lebih dari tiga bulan, sehingga transaksi dikunci oleh sistem. Data dari PM memang menjadi indikator resmi untuk tagihan bulanan pelanggan.

“Terkadang ketika kita hendak bayar tagihan via ATM, prosesnya ditolak oleh sistem. Sistem (di boks ATM) bilang, ‘Maaf Data tak Ditemukan.’ Ini bisa jadi karena tiga hal itu. Sebaiknya, pelanggan segera menghubungi call center PDAM Kota Bogor di nomor 0251-8324111 atau menemui petugas kami di Bagian Pelayanan Pelanggan,” jelas Hendra.

Dia menjelaskan, ada sejumlah kemudahan pelanggan untuk memenuhi kewajiban pembayaran tagihan air PDAM Kota Bogor. Salah satunya, layanan E-Channel khusus untuk nasabah Bank Mandiri. (humas dan sosial)