Pengalihan Gardu Listrik tak Ganggu Pelanggan PDAM
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4338 kali sejak 26/05/2015 10:23:43

PASANG INSTALASI: Petugas PLN APJ Bogor memasang instalasi panel di Sumber Air Kota Batu, Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, Selasa (26/5/2015). (foto: humas dan sosial)

Pengalihan gardu listrik PLN di Sumber Air Kota Batu milik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor di Desa Kota Batu Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor berjalan lancar. Kekhawatiran munculnya gangguan pasokan air ke pelanggan di kawasan Kota Batu akibat pemadaman listrik sementara, pada Selasa (26/5/2015) tidak menjadi kenyataan.

Direktur Utama PDAM Kota Bogor, H. Untung Kurniadi melalui Kasubag Sumber, Gunawan menuturkan, PDAM setelah mengantisipasi kemungkinan pemadaman listrik di Kota Batu dan sekitarnya akibat pengalihan jaringan listrik dari PT PLN Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Bogor. Pemasangan jaringan listrik ini terkait pengoperasikan gardu listrik khusus PDAM untuk mengaliri pasokan ke Sumber Air Kota Batu.

“PDAM memang punya gardu listrik sendiri untuk memenuhi kebutuhan pompa di Sumber Air Kota Batu. Awalnya, aliran listrik ke Kota Batu disuplai dari Gardu Induk Badak Putih (di kawasan Kota Batu). Namun karena mengganggu (pasokan listrik) masyarakat, dan ke Sumber Air, ya kita ajukan pembangunan gardu sendiri ke PLN. Alhamdulillah disetujui oleh PLN,” kata Gunawan, Selasa siang (26/5/2015).

Gardu tegangan menengah berkapasitas 20.000 volt ini diharapkan dapat memenuhi pasokan listrik untuk mengoperasikan pompa-pompa air di Sumber Air Kota Batu. Sebelum rencana pemadaman, PDAM sudah menyiapkan ratusan liter solar untuk menggerakkan genset.

“Alhamdulillah pompa masih tetap beroperasi, karena kita sudah siapkan bahan bakar untuk genset sehari sebelumnya. Pemadaman listrik hanya terjadi di sebagian rumah penduduk, sedangkan Sumber Air milik kita tak terganggu. Jadi walaupun listrik padam, air tetap ngocor,” kata mantan staf Bagian Perencanaan dan Pengawasan Teknik (Perwastek) ini. (humas dan sosial)