Sehari Tangani 50 Keluhan Kebocoran
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3992 kali sejak 26/05/2015 10:34:21

PDAM Perbaiki Pipa Bocor Cibalagung

PERBAIKAN: Petugas Subbag Kebocoran PDAM Kota Bogor menemukan kebocoran pada pipa PVC 12" yang mengakibatkan air keluar cukup deras di kawasan Jalan Cibalagung Kota Bogor, Selasa (26/5/2015). (foto: humas dan sosial)

Tim Kebocoran PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor memperbaiki pipa bocor di Jalan Cibalagung Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Selasa (26/5/2015). Pipa yang diperbaiki termasuk jenis besar, yakni PVC 12 inch. Pipa ini retak diduga karena beban dari atas (arus lalu lintas), serta tekanan air yang tinggi.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Untung Kurniadi melalui Kepala Sub Bagian Kebocoran, Dani Rakhmawan menuturkan, pipa PVC 12“ yang tertanam di ruas Jalan Cibalagung tergolong bertekanan tinggi. Hal ini karena untuk memenuhi pasokan ke wilayah Gunung Batu, dan sekitarnya.

“Makanya saat pipanya diperbaiki, ada beberapa wilayah yang mengalami gangguan pasokan air seperti Jalan Cibalagung, Jalan RE Abdullah, Gunung Batu, Bojong Menteng hingga perumahan Griya Melati. Sangat luas cakupannya,” kata Dani di sela-sela memantau perbaikan.

Menurut Dani, temuan kebocoran ini diperoleh dari informasi masyarakat setempat. Dia pun memberikan apresiasi atas bentuk perhatian ini. “Informasi-informasi seperti ini yang sangat kami harapkan dari masyarakat. Ketika masyarakat menemukan ada kebocoran, bisa segera menghubungi kami melalui call center atau media sosial. Kami segera tangani,” kata Dani.

Dia menyebutkan, dalam sepekan terakhir telah menangani 204 laporan kebocoran. Jika dirata-ratakan dalam sehari, berarti tim Kebocoran PDAM Kota Bogor memperbaiki 50an pipa-pipa bocor dari berbagai jenis. Mayoritas adalah penanganan keluhan pemakaian besar. Pada minggu ketiga Mei 2015 saja, tertangani 106 laporan.

“Kami sudah berkomitmen menekan angka kebocoran hingga 1,7 persen hingga akhir 2015. Memang bukan angka yang mudah, tapi dengan kerja keras, Insya Allah target itu dapat tercapai,” kata Dani. (humas dan sosial)