IPA Cikereteg Rampung
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3830 kali sejak 08/07/2015 14:35:15

SIAP DIRESMIKAN: Setelah diuji beberapa kali, IPA Cikereteg milik PDAM Kota Bogor siap beroperasi dan diresmikan Walikota Bogor, Kamis (9/7/2015). (foto: humas dan sosial)

Janji PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat dan calon pelanggan di wilayah Kecamatan Bogor Selatan segera terwujud. Warga di Kelurahan Katulampa, Tajur, Wangun, Rancamaya, Kertamaya, Sindang Rasa dan Harjasari akan mendapat pasokan air bersih lebih baik lagi seiring selesainya pengerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cikereteg di Kelurahan Rancamaya Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.

Instalasi pengolahan air milik PDAM Tirta Pakuan ini rampung pengerjaannya pada Juni lalu dan siap diresmikan Walikota Bogor, DR. Bima Arya, Kamis (9/7/2015) ini. Sejumlah unsur musyawarah pimpinan daerah Muspida juga bakal hadir dalam acara yang dikemas dalam silaturahmi para inohong Kota Bogor dalam mengisi bulan suci Ramadhan 1436 H.

“Pak Wali dan unsur Muspida akan berbuka puasa bersama anak-anak yatim di tempat dan nuansa yang istimewa. Momentumnya sangat tepat, meresmikan salah satu instalasi pengolahan air milik PDAM Kota Bogor, sekaligus pemberian santunan dan berbuka puasa dengan anak-anak yatim piatu,” terang Untung di ruang kerjanya, Rabu (8/7/2015).

Acara peresmian pun akan dirangkaikan dengan penandatanganan Mou antara PDAM Kota Bogor dengan BPN Bogor, serta pelepasan karyawan PDAM yang masuk masa pensiun.
Menurut Untung kehadiran IPA Cikreteg diharapkan mampu mengatasi gangguan pengaliran di sebagian kawasan Zona Pelanggan I. Air ke zona itu mayoritas berasal dari Sumber Mata Air

Tangkil dengan kapasitas 135 l/dt. “Saat musim kering seperti ini, Mata Air Tangkil mengalami pengurangan pasokan air bakunya sehingga cukup kerepotan juga karena harus mensuplai air ke pelanggan di zona IV. Makanya kehadiran IPA Cikreteg diharapkan bisa membantu (memasok ke zona 1),” tutur Untung.

Sementara itu Plt Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Deni Surya Senjaya menjelaskan, persiapan pengoperasikan IPA Cikreteg sudah cukup matang. Tim dari Direktorat Teknik sudah melakukan ujicoba atau comitioming dengan aliran listrik dari PLN maupun genset.

“Beberapa waktu lalu, sebelum listrik masuk ke kompleks IPA, kita pakai genset dulu. Hasilnya cukup bagus. Alhamdulillah sekarang tiang-tiang listrik sudah terpasang, dan aliran listrik sudah masuk. Hasil comitionong sudah baik. Air sudah naik, pompanya ready, WTP-nya siap olah. Jadi kita pastikan IPA Cikreteg sudah dapat dioperasikan,” kata Deni, Rabu (1/7/2015).

IPA Cikretek sanggup menghasilkan debit air 40 liter per detik (l/dt) untuk tahap pertama, kemudian meningkat hingga 200 l/dt pada tahap berikutnya. Air yang diproduksi selanjutnya akan dikirim ke pelanggan di wilayah Katulampa, Tajur, Wangun, Rancamaya, Kertamaya, Sindang Rasa dan Harjasari. (humas dan sosial)