Walikota Instruksikan PDAM Percepat 100 Persen Cakupan Pelayanan
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3582 kali sejak 27/07/2015 12:39:40

KEJAR TARGET: Pemasangan Pipa HDPE 12 inchi di Jalan Cipaku pada awal Mei lalu. Pemasangan pipa ini merupakan salah satu langkah akselerasi capaian target 100 cakupan layanan PDAM Kota Bogor. (foto: sub bagian pengaliran)


Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menginstruksikan PDAM Tirta Pakuan Bogor mempercepat capaian target 100 persen cakupan layanan. Bima menginginkan seluruh warga Kota Hujan dapat menikmati layanan PDAM lebih cepat dari target rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019, dengan akses aman air minum 100 persen pada 2019.

“Hingga saat hari ini (27/7/2015), cakupan pelayanan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sudah mencapai 79,6 persen. Hanya tinggal 20,4 persen saja untuk mencapai 100 persen. Saya sudah perintahkan Direktur Utama PDAM Untung Kurniadi untuk mempercepat target itu sebelum tahun 2019,” kata Bima Arya melalui sambungan telpon, Senin (27/7/2015).

Bima juga memaparkan, telah memanggil dirut PDAM dan jajarannya untuk mempresentasikan langkah-langkah apa saja untuk mengakselerasi cakupan pelayanan hingga 100 persen. "Dalam laporan dirut PDAM ada sejumlah tahapan yang telah dirancang untuk mempercepat cakupan pelayanan. Tahapan itu adalah peningkatan kapasitas produksi dengan membangun SPAM Katulampa 600 liter perdetik dan uprating SPAM Cikeretek dari 40 liter perdetik menjadi 240 liter perdetik," kata Bima.

Selain itu PDAM juga akan melakukan upaya-upaya perbaikan sistim pengaliran dengan membangun dua reservoar yakni di Jalan Merdeka dan di kawasan Rancamaya serta melakukan penggantian pipa AC ke pipa HDPE dan membangun pipa distribusi paralel.

Sedangkan di bidang pelayanan, PDAM sudah menargetkan penambahan jumlah pelanggan sebanyak 11.000 sambungan setiap tahunnya. Langkah lain adalah penambahan air baku yang direncanakan dari mata air Cisalada yang dipadukan dengan sungai Cipinanggading dan penambahan air baku dari sungai Ciapus. "Total investasi adalah sebesar Rp 525 miliar. Sudah diajukan ke DPRD untuk alokasi APBD Kota Bogor sebanyak Rp 123 miliar. Sisanya bisa dari APBN atau pinjaman atau pembiayaan lainnya," kata Bima.

Sementara Dirut PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Untung Kurniadi mengatakan, siap melaksanakan instruksi itu. Direksi sudah merancang program untuk mempercepat target yang dicanangkan Walikota Bima Arya.

“Insya Allah apabila seluruh program itu berjalan baik, target 100 persen cakupan layanan dapat tercapai sebelum target yang ditentukan. Jadi seluruh warga Kota Bogor dapat menikmati layanan PDAM lebih cepat," katanya. (humas dan sosial)