Sungai Cisadane Dikeruk
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3813 kali sejak 03/08/2015 09:49:01

Perbesar Tangkapan Air ke Intake Ciherang Pondok

PENGERUKAN LUMPUR: Satu unit backhoe dikerahkan untuk mengangkat lumpur dan sampah yang menghambat aliran air ke intake Ciherang Pondok, Desa Cihereng Pondok Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Minggu (2/8/2015).

Sub Bagian Sumber pada Bagian Produksi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengeruk lumpur di area DAM Ciherang Pondok yang berada dialiran Sungai Cisadane, Minggu (2/8/2015). Langkah ini dilakukan agar tangkapan air dan pasokan yang masuk ke Intake Ciherang Pondok di Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor menjadi semakin besar.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melalui Kepala Sub Bagian Sumber, Gunawan menuturkan, pengerukan sendimen dan sampah-sampah di sekitar DAM Ciherang Pondok ini berlangsung selama dua pekan. Satu alat berat dikerahkan untuk mengangkat ribuan kubik sedimentasi dan sampah-sampah yang menghambat aliran air ke intake.

“Cakupan kerukannya cukup luas, yakni 41 m x 100 m, dengan kedalaman dua meter. Setelah dikeruk, kami harapkan tangkapan air di intake bisa semakin besar. Debitnya bisa naik dari 1.500 liter perdetik menjadi 2.000 liter perdetik,” kata Gunawan.

Gunawan mengatakan, pemeliharaan di area Intake Ciherang Pondok ini sejatinya berlangsung setiap pekan secara manual. Pengerukan pun dilakukan dengan melibatkan warga sekitar. Pengerukan terakhir dengan menggunakan alat berat di lokasi yang sama berlangsung pada tahun 2011 silam. Gunawan memastikan, pengerjaan proyek yang menggunakan anggaran 2015 ini tak akan mengganggu pasokan air baku ke IPA Dekeng. (humas dan sosial)