Gotong Royong Bersihkan Sumber Air Kota Batu
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3631 kali sejak 07/08/2015 09:03:14

KERJA BAKTI: Kasubag Humas dan Sosial PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Nerry Agustina (tengah) menyapu sisa kotoran pada aksi bersih-bersih di area Sumber Mata Air Kota Batu, Jumat (7/8/2015). (foto: humas dan sosial)


Ratusan orang dari berbagai unsur gotong royong membersihkan sampah di sekitar kompleks Mata Air Kota Batu, Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, Jumat (7/8/2015). Kegiatan bersih-bersih ini merupakan upaya PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor bersama unsur Muspika Ciomas dan warga setempat untuk menciptakan kondisi lingkungan yang sehat di area mata air.

Kerja bakti ini melibatkan banyak pihak. Di antaranya pegawai PDAM Kota Bogor, puluhan personil TNI dari Koramil Ciomas, Polsek Ciomas, aparat dari Kecamatan Ciomas, Desa Kota Batu, Linmas, dan masyarakat yang tinggal di sekitar Sumber Air Kota Batu.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melalui Kepala Sub Bagian Sumber, Gunawan menuturkan, bersih-bersih ini dilakukan karena kebersihkan di area Mata Air Kota Batu sudah sangat memprihatinkan. Sampah yang dibuang oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab membuat sumber air sangat rawan tercemar.

“Air dari sumber Mata Air Kota Batu ini akan disalurkan ke masyarakat juga. Apa jadinya jika sumber airnya tercemar. Makanya, sampah dan rumput di area sumber mata air ini harus dibersihkan. Area Mata Air Kota Batu harus steril dari sampah dan kotoran,” kata Gunawan.

PARTISIPASI MASYARAKAT: Anggota TNI dan masyarakat ikut berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih di area Mata Air Kota Batu.(foto: humas dan sosial)

Selama ini, jalan di area Mata Air Kota Batu sering menjadi akses penghubung bagi warga. Namun, sejumlah oknum tak bertanggungjawab sering membuat tindakan tercela dengan membuang sampah sembarangan. Kawasan yang seharusnya steril itu bahkan seakan telah menjadi tempat pembuangan sampah.

“Kami sering bertemua dengan tokoh masyarakat dan unsur Muspika untuk membahas permasalahan ini. Karena terus terang saja, sampah dapat menjadi masalah besar jika tak bisa ditanggulangi. Jika tak ada solusi yang menguntungkan bersama, bisa saja akses jalan itu kami tutup menggunakan portal. Karena jalan itu berdiri di atas tanah PDAM Kota Bogor,” tegas Gunawan. (humas dan sosial)

SEMANGAT: Masyarakat sangat bersemangat membersihkan sampah. (foto: humas dan sosial)