Gangguan di Zona 1 Teratasi
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3841 kali sejak 11/08/2015 08:46:55

PERBAIKAN: Tim Subbag Kebocoran PDAM Kota Bogor memperbaiki Pipa AC 21" di Kampung Pasir Muncang, Senin malam (10/8/2015).


GANGGUAN pengaliran di zona 1 pasca perbaikan kebocoran pipa transimisi AC 21“ di Kampung Pasir Muncang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, Selasa dinihari (11/8/2015), akhirnya dapat teratasi sore harinya. Petugas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor bekerja sepanjang hari agar dampak dari perbaikan tak meluas ke daerah lain.

Gangguan pengaliran terjadi setelah tim dari Sub Bagian Kebocoran PDAM Kota Bogor memperbaiki sambungan (kopling pipa) AC 21” di kawasan Pasir Muncang pada Senin malam (10/8/2015). Pengerjaan digeber selama enam setengah jam, dimulai pukul 21:00, dan berakhir Selasa dinihari pukul 03:30 WIB.

“Ada kerusakan pada kopling pipa. Memang umurnya sudah cukup tua, pipa itu terpasang pada tahun 1971,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Untung Kurniadi, Selasa (11/8/2015).
Saat perbaikan, pasokan air dari WTP Tangkil dihentikan, sehingga ketersediaan air di Reservoir Rancamaya berkurang. Di saat yang sama, saat air kembali didistribusikan, ada banyak angin yang masuk ke dalam pipa. Ini menyebabkan tekanan air ke pelanggan sedikit berkurang, karena aliran air terhalang oleh udara di dalam pipa.

“Nah, inilah yang menyebabkan aliran air sedikit terbatasi. Karena saat aliran air ke bawah, ada udara yang keatas,” kata Untung.
Sejak Selasa subuh, tim dari Sub Bagian Pengaliran terus memonitor jalur-jalur pipa yang alirannya terhalang udara itu. Petugas menyusuri jalur-jalur pipa distribusi dari Rancamaya, menuju Tajur, Jalan Rulita hingga kompleks Mutiara Bogor Raya (MBR).

“Kami banyak menerima informasi dari pelanggan di wilayah Tajur, Kertamaya, Rancamaya, dan sekitarnya, yang tak mendapat air pada pagi hari. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, karena proses pemulihan terus berlangsung. Insya Allah, pada sore hari, semuanya dapat teratasi,” kata Untung. (humas dan sosial)


 PERBAIKAN: Petugas PDAM memperbaiki jalur pipa Transmisi Tangkil