Bima Arya: Kuliner Bogor akan Mendunia
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3416 kali sejak 05/09/2015 14:25:52

FAVORIT WALIKOTA: Walikota Bogor Bima Arya mencicipi hidangan Tutug Oncom pada festival kuliner Bogor Travel and Meals (BOTRAM), di Jalan Kesehatan, Kota Bogor, Jumat (4/9).(foto: humas dan sosil)

WALIKOTA Bogor Bima Arya meyakini kuliner khas Kota Bogor bakal lebih dikenal masyarakat dunia. Menurut Bima, kuliner khas Kota Hujan tidak kalah kuaitasnya dengan makanan khas daerah lain di Nusantara.

“Niat wisatawan datang ke Kota Bogor itu hanya dua, yaitu kuliner dan belanja. Mau belanja dulu baru makan-makan, atau makan-makan dulu baru belanja. Jadi, kuliner adalah asset kita yang harus terus kita promosikan apa yang menjadi kekhasan dan keunikan kita,” ujar Bima saat membuka festival kuliner Bogor Travel and Meals (BOTRAM), di Jalan Kesehatan, Kota Bogor, Jumat (4/9).

Menurutnya, ada banyak makanan khas Bogor keberadaanya justru semakin tenggelam oleh kepopuleran makanan siap saji, seperti misalnya ancemon. “Ada yang tahu ancemon? Itu adalah singkong parut yang diberi kelapa dan gula merah," jelas Bima.

Bima akan terus mendorong makanan khas Bogor, seperti seperti asinan, soto mie, tauge goreng, roti unyil, dan sebagainya, agar bisa lebih dikenal masyarakat dunia. Dia terinspirasi oleh kepopuleran makanan khas Sumatera Barat yang sudah terlebih dahulu terkenal.

Dalam kegiatan BOTRAM ini, Bima berkeliling mengunjungi seluruh stand makanan yang dijajakan peserta festival. Dia tak sungkan mencicipi beberapa makanan khas, seperti jengkol dan nasi tutug oncom. “Jengkol dan Nasi Tutug Oncom adalah makanan favorit saya,” aku Bima.

Direktur Utama PDAM Kota Bogor Untung Kurniadi turut hadir dalam pembukaan festival makanan yang berlangsung Jumat hingga Minggu (4-6/9) itu. Dia memesan tauge goreng dan menikmati sajiannya bersama Bima serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Bogor. “Dari dulu saya paling suka tauge goring,” kata Untung. (humas dan sosial)