PDAM Pasang TAHU di Balumbang Jaya
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4047 kali sejak 06/09/2015 20:12:59

CEPAT TANGGAP: Warga Balumbang Jaya mengambil air dari Tangki Air Hidrant Umum (TAHU) milik PDAM Kota Bogor di sebuah lapangan di RW 4, Minggu (6/9) sore. (foto: humas dan sosial)

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor memasang satu unit Tangki Air Hidrant Umum (TAHU) di kawasan RW 4 Kelurahan Balumbang Jaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, Sabtu (5/9). Pemasangan tangki air portable ini didasarkan atas permintaan warga melalui kecamatan kepada Direksi PDAM Kota Bogor pada pertengahan pekan lalu.

TAHU berkapasitas 4000 liter ini dipasang di sebuah lapangan di RT 4 RW 4 yang berbatasan langsung dengan RT 5 RW RW 4. Jadi tangki air yang dapat dibongkar pasang ini dapat dinikmati 800 kepala keluarga (KK) di dua RT.
Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Untung Kurniadi mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PDAM terhadap keprihatinan warga Balumbang Jaya yang kesulitan air bersih sejak sebulan terakhir.

“Kami mendapat informasi bahwa banyak warga Balumbang Jaya yang sudah kesulitan mendapatkan air bersih. Sumur-sumur warga mulai kering, padahal sudah digali hingga 13 meter,” kata Untung.

Untung menjelaskan, hingga saat ini PDAM Kota Bogor telah memasang enam tangki portable di empat wilayah di Kota Hujan. Di antaranya satu unit di Bubulak Bogor Barat, dua di Cimahpar Bogor Utara, dua di Mulyaharja Bogor Selatan dan satu di Balumbang Jaya Kecamatan Bogor Barat.“Sampai detik ini tangki-tangki portable itu masih terpasang, dan akan terus kami pasang selama masyarakat masih membutuhkannya,” kata Untung.

Selain pemasangan TAHU, PDAM Kota Bogor pun rutin mengirimkan bantuan tangki air bersih kepada warga di sejumlah wilayah. “Bantuan tangki air secara mobile masih kita kirim ke Situ Gede, Tegal Gundil dan Kampung Limus di daerah Ciherang Pondok. Ini bentuk kepedulian PDAM Kota Bogor terhadap warga yang kesulitan air bersih di daerah-daerah terdampak kekeringan,” kata Untung.

Sementara itu Ketua RW 04 Kelurahan Balumbang Jaya Suharna mengucapkan terima kasih kepada PDAM Kota Bogor atas bantuan tangki portable ini. Menurutnya, bantuan ini sangat berguna bagi 800an KK di wilayahnya yang kesulitan air bersih.

“Terima kasih kepada Pak Dirut PDAM atas aksi cepatnya. Warga kami benar-benar terbantu. Bahkan ada warga dari daerah lain yang merasa iri karena pelayanan PDAM Kota Bogor sangat cepat,” kata Suharna.(humas dan sosial)