Pipa Distribusi Utama Surken Selesai Diperbaiki
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2926 kali sejak 30/09/2015 08:47:27

Wakil Ketua DPRD: PDAM Sangat Profesional

TERAPKAN KESELAMATAN KERJA: Petugas Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran PDAM Kota Bogor fokus memperbaiki Pipa Distribusi Utama 21" di Jalan Suryakencana Kota Bogor, Selasa (29/9) malam.(foto: humas dan sosial)

REALISASI perbaikan pipa distribusi 21" di Jalan Surya Kencana Kota Bogor lebih cepat dari yang direncanakan. Pengerjaan perbaikan pipa buatan Australia tahun 70an itu rampung pada Rabu (30/9) pukul 01:00 dinihari, dari perkiraan awal pukul 04:00. Gangguan layanan pun berhasil diminimalisir.

Perbaikan jenis pipa Cast Iron Cement Lined (CICL) ini dimulai pada Selasa malam (29/9) pukul 20:00. Namun sejam sebelumnya, tim dari Sub Bagian Pengaliran menghentikan aliran air dari katup (valve) di depan apotik Pelita untuk memudahkan pemasaran rubber ring yang menjadi sumber kebocoran. Titik bocor sendiri berada di depan BCA Suryakencana atau sebelum persimpangan Jalan Roda dan Gang Aut.

Tim dari Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran berkekuatan 24 personil bekerja bergantian mengikis sela pipa dan memasang rubber ring yang baru. Diketahui karet pada gibault joint tidak terpasang sempurna pada saat pemasangan awal sekitar 40 tahun silam.

"Jadi saat awal pemasangan dulu, sela-sela antar sambungan pipa itu tidak rata. Yang bagian atas terlalu renggang, yang bawah terlalu rapat. Sehingga air keluar dari celah-celah karet itu," jelas Kepala Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran PDAM Kota Bogor, Dani Rakhmawan.

Pengerjaan berlangsung cepat karena sebelumnya PDAM melakukan simulasi perbaikan, baik metode maupun aksesoris yang akan dipakai. Hasil sangat menggembirakan, karena pengerjaan perbaikan hanya memakan waktu lima jam, dari rencana awal delapan jam.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Untung Kurniadi mengapresiasi kerja keras jajarannya di lapangan. Dia memantau langsung lokasi perbaikan bersama Plt Direktur Teknik H. Deni Surya Sanjaya, Kepala Bagian Perencanaan dan Pengawasan Teknis Jamalis, Kepala Bagian Pelayanan Pelanggan Tutiek Heriyati dan sejumlah pejabat PDAM lainnya.

"Alhamdulillah setelah perbaikan selesai dan air dialirkan kembali, tidak ada kebocoran di gibault joint itu. Artinya, pasokan air ke pelanggan kembali normal, lebih cepat dari perkiraan kita sebelumnya," kata Untung. "Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah bekerja keras di lapangan," lanjutnya.

SIDAK: Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Sopian Ali Agam (kemeja putih) bersama Direktur Utama PDAM Kota Bogor H. Untung Kurniadi meninjau langsung proses perbaikan pipa. (foto: humas dan sosial)

Pengerjaan perbaikan ini juga mendapat perhatian penuh dari Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Sopian Ali Agam. Politisi Partai Gerindra ini ingin melihat langsung proses perbaikan sekaligus memberikan dukungan kepada PDAM.

"Saya sebagai wakil rakyat sekaligus pelanggan PDAM merasa perlu meninjau langsung perbaikan. Apalagi ini mencakup hajat hidup masyarakat Kota Bogor. Saya berharap perbaikan ini bisa selesai tanpa masalah berarti," kata Sopian.

Dia menilai, kinerja petugas PDAM Kota Bogor dalam perbaikan pipa distribusi ini sudah sangat profesional, Ini nampak dari ketelitian, kekompakan serta komitmen penerapan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) para pekerja saat mengerjakan perbaikan.
“Saya memberikan penghargaan kepada petugas-petugas PDAM yang benar-benar memperhatikan aspek keamanan dalam bekerja. Ini sangat penting, karena ini bukan jenis pekerjaan biasa. Apalagi dilakukan pada malam hari,” kata Sopian.

Sopian menegaskan DPRD Kota Bogor selalu mendukung penuh Pemkot Bogor dan PDAM untuk mewujudkan target cakupan layanan 100 persen pada 2019. DPRD, tambah wakil rakyat dari dapil Bogor Utara ini sedang fokus menggodog Perda Penyertaan Modal yang dapat menjadi payung hukum bagi PDAM untuk menjalankan rencana bisnisnya.

"Kita sudah bikin jadwal. Tinggal siapa-siapa saja orangnya di banmus (badan musyawarah). Mudah-mudahan Oktober ini banmus sudah jalan," tuturnya. (Humas dan sosial)


SUMBER KEBOCORAN: Inilah rubber ring rusak yang menjadi sumber kebocoran pada sambungan pipa CICL. (foto: humas dan sosial)