PDAM Gratiskan Pasang Baru untuk Masjid dan Posyandu
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3723 kali sejak 01/10/2015 14:44:07

SOSIALISASI PROGRAM: Kepala Sub Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Kota Bogor Hendra Permana (kanan) dan Staf Hubungan Pelanggan PDAM Kota Bogor Dince Kurniawati saat siaran Sosialisasi di RRI Bogor, Kamis (1/10). (foto: humas dan sosial)


PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menggratiskan pemasangan baru (PB) untuk masjid, mushola dan Posyandu di Kota Bogor. Program sosial untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat ini berlaku hingga akhir tahun tanpa dibatasi jumlah kuota tertentu.

Kepala Sub Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Hendra Permana dalam siaran Sosialisasi di RRI Bogor, Kamis (1/10) mengatakan, program ini digulirkan mulai Juni 2015. Sejak saat itu, banyak pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Posyandu menghubungi Bagian Pelayanan Pelanggan PDAM Kota Bogor.

“Sejak program ini kami canangkan tiga bulan lalu, antusiasme pemasangan baru untuk masjid dan posyandu ini cukup tinggi. Pengurus masjid dan posyandu tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini,” kata Hendra.

Bagi pengurus masjid atau mushola dan posyandu yang ingin mendaftar program ini, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya fotokopi KTP pemilik atau penanggungjawab, lokasi masjid/posyandu berada maksimal enam meter dari jaringan pipa PDAM yang sudah ada. Calon pelangggan pun wajib menyertakan surat penyataan kesediaan dari pemilik tanah atau bangunan yang akan menjadi pemasang sambungan.

“Calon pelanggan pun harus melampirkan surat atau rekomendasi dari ketua RT, RW, kelurahan dan kecamatan. Lalu fotokopi kepemilikan atas tanah dan bangunan. Kemudian surat pernyataan bertanggung jawab dalam pengelolaan dan pembayaran rekening air minum setiap bulan. Terakhir, harus ada surat penyarataan dari penanggungjawab bahwa tanah dan bangunan tidak sedang dalam sengketa,” beber Hendra.

Hendra menerangkan, pemasangan gratis untuk posyandu merupakan program pelayanan masyarakat yang sudah sejak 2014. Tahun lalu, PDAM Kota Bogor merealisasikan pemasangan 28 sambungan langsung gratis untuk Posyandu se-Kota Hujan.

“Kalau pasang baru gratis untuk masjid dan mushola baru berlangsung pada tahun ini. Usulannya muncul saat acara Temu Pelanggan di Botani Square April lalu. Ada pelanggan yang mengajukan itu kepada Pak Dirut (Dirut PDAM Kota Bogor H. Untung Kurniadi), lalu disetujui Pak Wali (Walikota Bogor Bima Arya),” papar Hendra.

PDAM akan memberlakukan tarif sosial untuk pembayaran rekening air setiap bulannya. “Tarif sosial jauh lebih murah dari tarif Rumah Tangga atau Niaga. Makanya, dalam salah satu persyaratan pendaftaran, calon pelanggan masjid dan posyandu itu wajib melampirkan surat pernyataan dari penanggungjawab tempat,” kata mantan Kepala Sub Bagian Rumah Tangga PDAM Kota Bogor ini.

Bagi pengurus DKM atau pengelola Posyandu yang berminat mengikuti program ini, Hendra mengimbau segera menghubungi Bagian Pelayanan Pelanggan PDAM Kota Bogor di Jalan Siliwangi 121 pada jam kerja. “Kami juga membuka layanan call center pada nomor (0251) 8324111 jika ada calon pelanggan yang ingin bertanya-tanya,” tutup Hendra. (humas dan sosial)