Kota Bogor Pertama Paling Siap Sebagai Kota Binaan
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2513 kali sejak 04/10/2015 13:29:16

KOMITMEN KEPALA DAERAH: Walikota Bogor Bima Arya menandatangani MoU komitmen kepala daerah dalam pencapaian target 100 persen air minum disaksikan Dirut PDAM Kota Bogor Untung Kurniadi (kanan), Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono (kedua dari kanan), Kepala Pusat Air Baku dan Air Tanah Dwi Sugianto  (kiri) dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Andreas Sutiono, di Hotel Savoro Jumat (2/10). (foto: humas dan sosial)

Walikota Bogor Bima Arya meyakini pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengalokasikan anggaran untuk PDAM dalam pencapaian target cakupan layanan 100% pada 2019. Bima bersama PDAM bahkan akan berupaya mempercepat capaian target itu menjadi 2017.

“PDAM Kota Bogor kan sudah masuk 17 PDAM binaan 100 Persen Akses Air Minum. Ini artinya PDAM Kota Bogor dianggap berprestasi dan layak mengikuti skenario 2019 itu. Keinginan kita disambut oleh pemerintah pusat. Nah kita di Bogor, juga akan gulirkan dana pernyertaan modalnya. Raperdanya sedang dibahas dengan teman-teman DPRD,” kata Bima saat menghadiri Rapat Sinkronisasi dan Koordinasi Rencana SPAM Kota Bogor 2015-2019 Dalam Rangka menunjang Target RPJMN Sektor Air Minum 100%, di Savero Hotel Bogor, Jumat (2/10).

Pertemuan ini diikuti seluruh unsur Muspida Kota Bogor, IUWAS, BPPSPAM, Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat, Kastker PKPAM Jawa Barat, Kepala Bapeda Jawa Barat, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-CIsadane, dan lain-lain. Hadir pula Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Andreas Sutiono.

“Yang datang ke forum ini luar biasa semua. Pak Dirjen sudah melihat data-data NRW (Non Revenue Water)-nya, jumlah sambungan, dan lain-lain. Beliau bilang ke saya, itu sudah bagus. Lalu kita dorong supaya targetnya dipercepat, Surabaya saja mau dipercepat. Kita siap, dengan catatan uangnya ada. Semua ada skemanya. Kalau tidak, ya meleset-meleset sedikit lah,” kata Bima.

Pemkot Bogor mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR melalui Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Sumber Daya Air (SDA) yang mendukung penuh program penyediaan air minum untuk masyarakat Kota Bogor. Dalam kesempatan tersebut, Bima menandatangani komitmen pemerintah daerah penyediaan air bersih bagi masyarakat di hadapan Dirjen Cipta Karya Andreas Sutiono.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Untung Kurniadi menyatakan, PDAM Kota Bogor menjadi kota pertama yang siap menjadi kota binaan dari pemerintah pusat. “Dari 17 kota binaan yang dipilih oleh kementerian PUPR,” kata Untung.

Hal ini menjadi tantangan sekaligus pemacu semangat bagi direksi dan seluruh pegawai PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor untuk bekerja keras mewujudkan target tersebut. “Meminjam istilah Pak Walikota, tidak ada istilah mundur. PDAM harus bekerja maksimal demi menjadi PDAM terbaik di Indonesia, dengan tetap mengutamakan pelayanan prima kepala pelanggan,” kata Untung. (humas dan sosial)