Kota Bogor Meraih AMPL Award 2015
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2920 kali sejak 12/11/2015 10:52:06

SEJUMLAH pemerintah daerah menerima penghargaan “AMPL Award 2015”, berlangsung di Gedung PPHUI, Jakarta, Rabu (11/11/2015).*AGUS IBNUDIN/PRLM*

Sumber : Pikiran Rakyat On Line

JAKARTA, (PRLM).-Kota Bogor berhasil meraih anugerah “Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award 2015” pada kategori Pemerintah-Air Minum. Penghargaan diserahkan saat Konferensi Air Minum dan Sanitasi Nasional (KSAN) yang berlangsung di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil kepada Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Selain Kota Bogor, sejumlah kabupaten/kota juga berhasil meraih penghargaan serupa. Anugerah tersebut meliputi kategori “Pemerintah-Air Minum” dan kategori “Pemerintah-Sanitasi”. Menurut catatan, “AMPL Award” merupakan penghargaan bagi inisiatif dan inovasi pembangunan sanitasi dan air minum.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil saat membuka KSAN 2015 menegaskan perihal pentingnya pembangunan sanitasi dan air minum layak dalam mendukung pembangunan di berbagai sektor lainnya.

Dijelaskan Sofyan, sanitasi dan air minum merupakan hak dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintah agar masyarakat bisa menikmati hidup yang lebih baik. “Kami yakin, perbaikan kesehatan mampu meningkatkan kesejahteraan dan pendidikan masyarakat,” ujarnya.

Tampak hadir pada acara itu antara lain Dirjen Cipta Karya Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Andreas Suhono, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Mohammad Subuh, dan Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas yang juga Ketua Pokja AMPL Nasional Nugroho Tri Utomo.

Sofyan juga menuturkan bahwa partisipasi masyarakat merupakan bagian penting dari pembangunan sanitasi dan air minum nasional.

KSAN merupakan ajang advokasi terbesar dan paling strategis di tingkat nasional untuk bidang sanitasi dan air minum. Tema yang diusung adalah “Mencipta Masa Depan Sanitasi dan Air Minum”.

Agenda utama KSAN 2015 adalah Hari Pengetahuan (Knowledge Day) sebagai ajang para penggiat sanitasi dan air minum untuk saling menginspirasi dan berbagi kunci keberhasilan dari berbagai aksi.

Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas yang juga Ketua Pokja AMPL Nasional Nugroho Tri Utomo menuturkan, KSAN ini menjadi penting karena menjadi bagian dari upaya untuk mewujudkan akses universal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 mencanangkan gerakan 100% akses air minum dan sanitasi pada 2019, atau akses universal (universal access) 2019.(Agus Ibnudin/A-89)***