PDAM Perbaiki Pipa Bocor Bojongkoneng
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3000 kali sejak 24/11/2015 13:27:34

PERBAIKAN: Petugas mengencangkan baut Gibault Join pada pipa AC jalur transmisi Tangkil 18 Inch di Desa Bojong Koneng, Selasa (24/11). (foto: humas dan sosial)

TIM Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor memperbaiki pipa AC 18 inch jalur transmisi Tangkil yang bocor di Desa Bojongkoneng Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, Selasa (24/11). Perbaikan pada sambungan pipa ini dimulai pukul 09:00 dan diperkirakan tuntas pada pukul 15:00.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya menuturkan, pipa tersebut bocor akibat usianya sudah sangat tua. Tercatat jaringan pipa transmisi sepanjang 7 kilometer tertanam pada tahun 1973.

“Ada dua titik bocor di jalur itu. Titik pertama akibat karet koplingnya sudah aus, titk kedua ada masalah pada karet Gibault Joint. Keduanya karena faktor usia, sudah 42 tahun tertanam di jaringan perpipaan itu,” ujar Deni.

Tim Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran yang dibantu Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan berusaha keras memperbaiki kebocoran. Petugas mengganti sambungan pipa lama (kopling) dengan sambungan yang baru (Gibault Joint). “Pergantian sambungan ini memakan waktu cukup lama, 5-7 jam. Jika sudah selesai, aliran siap dibuka kembali,” tutur Deni.

Perbaikan ini membuat pasokan air ke wilayah sekitar zona I terganggu sementara. Meski demikian PDAM tetap berupaya maksimal melayani kebutuhan air bersih dengan menyediakan tangki air yang stand by sejak pagi.
“Jika ada pelanggan yang membutuhkan bantuan tangki air gratis silakan hubungi call center PDAM pada nomor 0251-8324111. Kami mohon maaf atas gangguan ini,” tutup Deni. (humas dan sosial)