Penuh Sampah, PDAM Bersihkan Intake Cipon
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2748 kali sejak 02/12/2015 15:39:55

BERSIHKAN SCREEN: Petugas Intake Ciherang Pondok membersihkan sampah yang nyangkut di screen penyaring sampah, Rabu (2/12). Sampah ini akibat banjir Sungai Cimande pada Selasa malam (1/12).

Saluran intake Ciherang Pondok (Cipon) di Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, tersumbat sampah yang menumpuk akibat banjir pada Selasa malam (1/12). Akibatnya, pasokan air baku ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng di Kelurahan Genteng Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor terganggu.

“Pada Selasa malam, screen pada intake Cipon tersumbat banyak sampah, seperti ranting, dedaunan, sampah plastik hingga kain bekas yang menyumbat saluran intake. Hal itu membuat pasokan air ke IPA Dekeng menjadi tekor,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya, Rabu (2/12).

KURAS BAK: Petugas menguras Bak Prasedimentasi Intake Ciherang Pondoh, Rabu (2/12)

Banjir pun membuat Bak Prasedimentasi jadi penuh lumpur. Petugas dari Sub Bagian Sumber pada Rabu pagi (2/12) menguras bak dan memperbaiki screen intake yang rusak akibat sampah yang tersangkut. Pengurasan dan perbaikan tak mengganggu distribusi air bersih ke pelanggan karena maintenance ini hanya berlangsung kurang dari satu jam.

Setelah screen intake dibersihkan dan Bak Pra Sedimentasi dikuras, Deni mengatakan pasokan air baku ke IPA Dekeng lebih lancar. Dalam kondisi normal, tambah Deni, intake itu bisa mengalirkan air dengan debit hingga 1.300 liter/detik. Sejak tersumbat sampah, debit air berkurang jadi 1.200 liter/detik.

Dia berharap warga membangun kesadaran untuk tidak membuang sampah ke sungai. “Semua saya kembalikan kepada warga. Seandainya kebiasaan buang sampah di sungai itu bisa dihilangkan, mungkin tersumbatnya pipa intake ini tidak akan terjadi,” terang Deni. (humas dan sosial)