Reservoir Merdeka Rampung 85 Persen
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3197 kali sejak 03/12/2015 15:23:48

Dipuji LIPI, Dikagumi Sumatera Barat

MEGAH: Inilah reservoir kapasitas 3000 meter kubik yang berdiri megah di Jalan Merdeka Kelurahan Ciwaringin Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. (foto: humas dan sosial)

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor terus menggenjot proyek pembangunan reservoir 3.000 meter kubik di Jalan Merdeka Kelurahan Ciwaringin Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Pekan ini, reservoir plat baja terbesar di Indonesia ini telah memasuki progres 85 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya melalui Kepala Sub Bagian Perencanaan Teknik Ardani Yusuf menuturkan, pemasangan dinding plat baja sudah selesai akhir November, sesuai jadwal. Selanjutnya, PDAM dan pihak kontraktor akan melakukan uji kebocoran sebelum pemasangan atap penutup.

“Alhamdulillah pemasangan dinding plat baja setinggi sebelas meter sudah selesai tepat waktu. Pekan ini kita uji kebocoran. Kalau sudah oke, baru atap penutupnya kita pasang. Kalau dihitung secara teknis, pengerjaan proyek ini sudah rampung 85 persen,” ujar Dani, sapaan akrab Ardani, Kamis (3/12).

Reservoir berdiameter 18 meter ini tergolong unik. Di Indonesia, sebut Dani, hanya ada enam perusahaan air minum yang menggunakan dinding plat baja buatan Inggris ini, dan yang terbesar adalah milik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

“Minggu lalu, reservoir ini dipantau Satker PK-PAM (Satuan kerja Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum) Jawa Barat. Mereka puas, karena pengerjaan pemasangan dinding plat baja selesai tepat waktu. Kemarin, LIPI juga datang untuk meninjau pembangunan proyek. LIPI memuji kita, karena ini hal baru di Indonesia. Satker PAM Sumatera Barat pun mengagumi bangunan itu” beber Dani.

JIka sudah rampung, reservoir ini akan mampu melayani kebutuhan air bersih untuk pelanggan di wilayah zona IV, meliputi Kelurahan Kayumanis, Kencana, Yasmin dan perumahan Taman Sari Persada, dan sekitarnya. “Jika tidak ada halangan, reservoir ini akan rampung tahun depan. Kami minta dukungan dan doa restunya dari pelanggan PDAM dan masyarakat Kota Bogor,” harap Dani. (humas dan sosial)