Tangki Air PDAM Siap Dikerahkan
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2420 kali sejak 08/12/2015 15:34:36

Antisipasi Gangguan Pengerjaan Koneksi Pipa Pajajaran

SIAGA: Petugas PDAM mengisi ulang tangki air di hydrant PDAM di Jalan Siliwangi 121. (foto: humas dan sosial)

EMPAT unit tangki air siaga di kantor PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor untuk mengantisipasi gangguan pengaliran saat pelaksanaan koneksi pipa eksisting 700x600 mm di dekat Rumah Dinas Walikota Bogor Jalan Si Jalak Harupat Kota Bogor Selasa malam (8/12) nanti. Tangki air ini bisa langsung dikerahkan jika ada masyarakat dan obyek-obyek vital yang meminta bantuan air bersih.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya menuturkan, tangki air kapasitas 3000 liter ini disiapkan untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat yang berpotensi terdampak pengerjaan koneksi, terutama saat recovery pengaliran. Ketika masa pemulihan jaringan, umumnya aliran air sedikit tersendat oleh udara yang terjebak di dalam pipa.

“Kita akan berupaya semaksimal mungkin agar pengerjaan koneksi bisa selesai lebih cepat agar recovery pengaliran bisa tuntas sebelum pagi. Tapi jika aliran air belum lancar karena masih banyak udara yang terperangkap di dalam pipa, kita sudah siapkan tangki air. Tangki ini siap dikerahkan jika ada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Deni, Selasa (8/12).

PDAM Kota Bogor bahkan mendapatkan bantuan dua unit tangki air milik PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Pinjaman armada ini diharapkan dapat meningkatkan layanan penyediaan air bersih bagi pelanggan.

“Alhamdulillah melalui kerjasama yang baik, kami mendapatkan pinjaman dua unit tangki dari PDAM Tirta Kahuripan. Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi PDAM Kota Bogor, mengingkat daerah layanan yang terganggu cukup luas,” tutur Dirtek Deni.

Deni menyebutkan, ada beberapa wilayah di Kota Bogor yang mengalami gangguan pengaliran akibat pengerjaan koneksi pipa ini. Di antaranya di wilayah Kecamatan Tanah Sareal meliputi Kelurahan Cibadak, Kayumanis, Kebonpedes, Kedungbadak, Kedungjaya, Kedungwaringin, Kencana, Mekarwangi, Sukadamai, Tanahsareal dan Sukaresmi.

Di Kecamatan Bogor Barat, potensi gangguan terjadi di Kelurahan Cilendek Barat, Cilendek Timur, Curug, Curug Mekar, Menteng dan Semplak. Di Bogor Tengah; Kelurahan Babakan, Cibogor, Ciwaringin, Kebonkalapa, Sempur dan Tegallega. Daerah-daerah di Kecamatan Bogor Utara seperti Bantarjati, Cibuluh, Ciluar, Ciparigi, Kedunghalang, Tanahbaru dan Tegalgundil juga berpotensi mengalami gangguan.

PDAM juga memperhatikan potensi gangguan pengaliran pada obyek-obyek vital, seperti rumah sakit (RS), di kawasan terdampak pengerjaan koneksi. Ada empat RS di zona layanan IV yang diperkiraan akan terkena ganggguan layanan. Di antaranya RSUD Bogor, RS Marzuki Mahdi, RS Islam Bogor, dan RS Azra.

“Kami juga memperhatikan rumah sakit-rumah sakit itu. Makanya, kami siap mengirimkan tangki jika ada permintaan dari manajemen rumah sakit,” ujar Deni.

Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan air melalui tangki dapat menghubungi call center PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melalui nomor 0251-8324111. “Kami mohon maaf atas adanya gangguan dan ketidaknyamanan selama pengerjaan koneksi pipa pada Selasa malam nanti. Kami berupaya memaksimalkan pengerjaan dengan pengerjaan secepat dan seefektif mungkin, karena kalau terlalu lama, kasihan pelanggan,” ujar Deni. (humas dan sosial)