PDAM Siap Kelola Air Limbah Domestik
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4996 kali sejak 27/01/2016 17:19:27

RAPAT AIR LIMBAH: Sekretaris PDAM Kota Bogor Hendra Setiawan (kanan) menyampaikan gagasannya tentang pengelolaan air limbah Kota Bogor pada pertemuan dengan SKPD Kota Bogor dan IUWASH di kantor PDAM Kota Bogor, Rabu (27/1). (foto: humas dan sosial)

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor siap menjadi operator pengelolaan air limbah domestik jika diberi amanat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. PDAM memiliki infrastruktur dan tenaga untuk dapat mengelola air limbah masyarakat tersebut, terlebih hampir seluruh warga Kota Bogor merupakan pelanggan PDAM Tirta Pakuan.

Payung hukum tentang pengoperasian pengelolaan air limbah domestik oleh PDAM akan diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Pengelolaan Air Limbah Domestik. Raperda sendiri sudah diparipurnakan dan masuk pembahasan pada masa sidang pertama.

Sekretaris PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Hendra Setiawan yang mewakili Direktur Utama H. Untung Kurniadi menyambut baik rencana itu. Hendra mengatakan, PDAM siap menjadi operator pengelolaan air limbah masyarakat.

“Dalam raperda, rencananya pengelolaan air limbah akan dimasukkan tugas dan tanggung jawab PDAM. Kami siap melaksanakan tugas sesulit apa pun itu, bahkan bisa kami anggap sebagai tantangan,” kata Hendra.

Disebutkan Hendra, PDAM memberikan pelayanan langsung air limbah kepada masyarakat Kota Bogor pada bagian pelayanan hulu, sementara Unit Pelayanan Teknik Daerah (UPTD) Pengeloaan Air Limbah (PAL) Kota Bogor melayani pengelolaan air limbah di bagian hilir.

Dalam pertemuan ini, hadir sejumlah perwakilan dari SKPD di lingkungan Kota Bogor. Di antaranya dari Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH), Bagian Organisasi, Bagian Hukum Setda Kota Bogor, UPTD PAL, Forum Kota Sehat, dan tim LLTT IUWASH.

Selain membahas Raperda, pertemuan juga mendiskusikan persiapan pelaksanaan program LLTT dan peluncuran website sanitasi. (humas dan sosial)