Deni Suardini Kepala BPKP Jabar
Oleh: Humas PDAM - dibaca 5443 kali sejak 29/01/2016 07:37:19

PELANTIKAN KEPALA BPKP: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kanan) melantik Deni Suardin sebagai Kepala Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat di  Aula Barat Gedung Sate , Rabu (27/1).(foto: humas pemprov jabar)

Sumber: Humas Pemprov Jabar

BANDUNG-Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat, yang semula dijabat Hamonangan Simarmata diganti oleh pejabat baru, Deni Suardini. Deni Suardini dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai Kepala Perwakilan BPKP Jabar, bertempat di Aula Barat Gedung Sate , Rabu (27/1).

Berkenaan dengan pengukuhan kepala BPKP Jabar baru , Gubernur Jabar H. Ahmad Heryawan dalam keterangannya kepada wartawan memaparkan harapannya. Menurut Gubernur, BPKP sebagai salah satu lembaga pengawas internal pemerintah diharapkan dapat berperan dalam menjalankan fungsi konsultasi dan suvervisi anggaran. Bagi Pemprov. Jabar, jika potret anggaran dari hasil kajian BPKP, dinyatakan aman maka anggaran tersebut segera untuk dilaksanakan.

Dijelaskan Gubernur soal penyerapan anggaran di Jabar. Menurutnya sampai kini berjalan lancar dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian. Diakui, serapan anggaran dalam tahun anggaran banyak dilaksanakan di akhir tahun, sehingga untuk perbaikan ke depan 50 persen realisasi anggaran bisa selesai pertengahan tahun, jelas Gubernur.

Bahkan untuk tahun anggaran 2016, kontrak di beberapa pekerjaan yang tersebar di beberapa OPD sudah ada yang dilaksanakan, demikian Gubernur.

Kepala BPKP Jabar yang baru, Deni, dalam keterangannya secara terpisah mengatakan, sejalan dengan tupoksi yang dimiliki BPKP, BPKP siap melaksanakan amanah dengan strategi inti pengawasan untuk kesejahteraan."Fokusnya mengawal pembangunan baik nasional maupun daerah. Mengawal percepatan pembangunan. Mendorong peningkatan PAD dan mendorong realisasi belanja daerah yang dikelola secara efisien serta mengamankan aset negara," jelas Deni.

Selain itu, BPKP sejalan dengan tupoksi siap meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih. Adapun prinsip yang direalisasikan untuk membangun tata kelola pemerintahan adalah mengutamakan langkah pencegahan, demikian Deni.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Untung Kurniadi mengapresiasi pengukuhan Deni Suardini sebagai pejabat baru BPKP Jabar. Untung berharap, kepala BPKP yang baru dapat terus bersinergi dengan lembaga pemerintahan, termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk melakukan pendampingan.

“Kami berharap di bawah kepemimpinan Pak Deni, BPKP Jabar bisa lebih professional dalam menjalankan fungsi pengawasan keuangan negara, daerah dan pembangunan nasional. Juga bersinergi menjadi pembimbing, baik dalam penyusunan laporan keuangan maupun pendampingan lainnya untuk mewujudkan good governance and clean goverment, sesuai tupoksi BPKP pada Pasal 2 dan 3 Perpres Nomor 192 Tahun 2014 Tentang BPKP,” ujar Untung.(*/humas dan sosial)