Bima : Lomba Bebersih Salah Satu Bahan Kebijakan
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4673 kali sejak 18/04/2016 10:37:58

LOMBA BEBERSIH RT: Rapat pembahasan lomba bebersih antar RI se-Kota Bogor di  Graha Pena Radar Bogor beberapa waktu lalu.

Sumber: Humas Pemkot Bogor

Menjelang satu hari penutupan pendaftaran lomba bebersih antar RT se-Kota Bogor yang jatuh 16 April 2016, Walikota Bogor Bima Arya meninjau ke lokasi pendaftaran yang berlokasi di Gedung Graha Pena Radar Bogor, Jalan Abdullah bin Nuh, Jumat (15/4). Bima yang didampingi Kepala Bagian Humas Setdakot Bogor Encep Moh. Ali Alhamidi, dan perwakilan Bobats selaku penggagas lomba, diterima CEO Radar Bogor Hazairin Sitepu.

Usai tinjauan, Bima mengatakan hampir semua wilayah sudah mendaftarkan diri kecuali Kelurahan Rancamaya. "Tadi langsung saya hubungi lurahnya untuk segera mendaftar. Perkembangan yang ada, saya lihat dari segi penilaian sudah matang, mulai dari komposisinya juga sudah selesai. Tinggal nanti turun ke lapangan melihat secara langsung," jelas Bima.

Kegiatan ini, menurut Bima, bukan sekedar lomba kebersihan biasa. Tapi akan menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Kota Bogor dalam mengambil kebijakan. ”Untuk wilayah yang hanya mengirim satu atau dua RT, akan saya dorong untuk ditambah,” tegas Bima sambil mengatakan lomba kebersihan ini akan dilaksanakan setiap tahun.

Sementara CEO Radar Bogor Hazairin Sitepu menambahkan, bagi RT yang berhasil juara bisa dijadikan model bagi wilayah lain di Kota Bogor. Rencananya pada saat penilaian nanti, satu tim penilai didampingi dua anggota TNI. "Kita akan mengumpulkan data tentang sampah, banjir, genangan air, dan penyakit yang ada di wilayah," katanya.

Disamping itu akan diperoleh data korelasi terkait banjir, sebelum dan sesudah lomba dilaksanakan. “Nantinya ini bisa menjadi bagian dari riset dalam mengatasi sampah dan limbah. Kita menargetkan ada 250 RT yang ikut ambil bagian dalam lomba bebersih antar RT se-Kota Bogor tahun ini,” pungkas Hazairin. (*)