Jadilah Konsumen Cerdas
Oleh: Humas PDAM - dibaca 6056 kali sejak 20/04/2016 16:40:52

Peringati Hari Konsumen Nasional, PDAM Bagi-bagi Hadiah

DOORPRIZE: Sekretaris PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Dr. H. Rafa Adi Galuh Agung bersama pemenang doorprize pada peringatan Hari Konsumen Nasional di Area Pelayanan PDAM Kota Bogor, Rabu (20/4). (foto: humas dan sosial)

PEJABAT Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya melalui Sekretaris Perusahaan Dr. H. Rafa Adi Galuh Agung mengajak masyarakat menjadi konsumen yang cerdas, mandiri, dan cinta produk dalam negeri.

Seruan ini disampaikan Agung saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2016 di Area Pelayanan Pelanggan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Jalan Siliwangi 121 Kota Bogor, Rabu (20/4).

Harkonas sendiri diperingati setiap tanggal 20 April. Secara nasional, tema peringatan tahun ini adalah Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri dengan sub tema Gerakan Konsumen Cerdas dengan Nasionalisme Tinggi Menggunakan Produk Dalam Negeri. “Konsumen yang cerdas adalah konsumen yang mampu menegakkan hak dan kewajibannya serta mampu melindungi dirinya dari barang atau jasa yang merugikan,” ujar Agung.

Baca juga:

http://megapolitan.antaranews.com/berita/21010/pdam-bogor-ajak-pelanggan-menjadi-konsumen-cerdas

http://hallobogor.com/peringati-hari-konsumen-nasional-pdam-beri-pelayanan-terbaik

 Agung menjelaskan, konsumen cerdas merupakan konsumen yang membeli atau menggunakan produk-produk yang sesuai ketentuan dan mengutamakan penggunaan produk dalam negeri. Ini sesuai program cinta produk dalam negeri yang merupakan gerakan penggunaan produk dalam negeri. Masih sedikit konsumen yang memahami hak yang dijamin UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Dalam peringatan Hakonas yang berlangsung di PDAM, manajemen menyediakan banyak hadiah dan makanan ringan bagi pelanggan yang membayar tagihan bulanan. Di antaranya paket sembako, beberapa unit kompor gas, juicer, dan microwave. PDAM pun melakukan edukasi cara berhemat air melalui leaflet dan stiker.

Tak hanya itu, pelanggan pun diberi kesempatan service sepeda motor gratis oleh Yamaha yang turut berpartisipasi dalam memperingati hari khusus konsumen ini.

Kepala Sub Bagian Humas dan Sosial PDAM Kota Bogor Nerry Agustina bersama pemenang doorprize microwave.

Kepala Sub Bagian Humas dan Sosial PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Nerry Agustina menerangkan, hadiah dan makanan ringan ini merupakan bentuk kepedulian PDAM terhadap pelanggan yang setia menggunakan air bersih produksi Tirta Pakuan.

“PDAM setiap tahun rutin memperingati Hakonas untuk menunjukkan bahwa kami peduli terhadap konsumen. Karena bagi PDAM, konsumen maupun pelanggan merupakan mitra bisnis yang paling utama. Itulah sebabnya, pelayanan kepada konsumen maupun pelanggan selalu menjadi prioritas PDAM,” kata Nerry.

Dalam sambutannya, Nerry terus mengimbau para pelanggan agar membayar air tepat waktu sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Dia pun menyarankan agar pelanggan membayar tagihannya melalui bank, kantor pos atau loket-loket pembayaran online yang sudah bekerja sama dengan PDAM.

“Hal ini untuk menghindari penumpukan di Area Pelayanan Pelanggan PDAM. Jadi kalau tidak mau antri panjang di loket PDAM, silakan bayar tagihannya melalui ATM pada bank-bank yang sudah bekerja sama dengan PDAM. Bisa juga melalui kantor pos atau loket-loket pembayaran online di sekitar tempat tinggal pelanggan,” tambahnya.

Dia menerangkan, bank-bank yang sudah bekerja sama dengan PDAM itu antara lain BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, dan BJB.

Salah seorang pelanggan Siti Khofifah merasa senang dengan pelayanan khusus pada peringatan Hakonas ini. Dia tidak menyangka bisa membawa pulang kompor gas setelah mengikuti games yang dipandu Duta Air 2015-2016 Chika Audika dan Jodi.

“Bagus ada kegiatan seperti ini, selain menarik pelanggan, pelanggan juga merasa beruntung, semoga pelayanan disini semakin baik,” kata Khofifah.(humas dan sosial)

 Nerry Agustina memberikan sambutan.