BAZ Sosialisasi Zakat ke PDAM Tirta Pakuan
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4936 kali sejak 14/06/2016 15:35:51

SOSIALISASI: PJS Dirut PDAM Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya membuka sosialisasi zakat BAZ Kota Bogor di ruang rapat utama PDAM Kota Bogor, Selasa (14/6). (foto; humas dan sosial) 

Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Bogor melakukan sosialisasi tentang zakat profesi ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor, Selasa (14/6). Sosialisasi dihadiri seluruh pejabat dan perwakilan pegawai di lingkungan PDAM Kota Bogor.

Ketua BAZ Kota Bogor Chotib Malik mengatakan, pihaknya melakukan roadshow sosialisasi zakat ke perusahaan-perusahaan besar di Kota Hujan. PDAM Tirta Pakuan menjadi salah satu lembaga yang dituju karena termasuk yang rutin mengeluarkan zakat perusahaan setiap tahun.

“Atas nama Walikota Bogor, BAZ mengucapkan terima kasih atas komitmen dan konsistensi PDAM yang selalu lancar pembayaran zakat perusahaan. Mudah-mudahan ini menjadi amal baik, dan PDAM bisa semakin maju,” kata Chatib.

Chatib mengatakan, potensi zakat di Kota Bogor sangat tinggi, yakni mencapai Rp 130 miliar. Penghitungan potensi zakat ini diperoleh dari jumlah potensi zakat beberapa sektor, yaitu zakat rumah tangga, zakat perusahaan BUMD dan industri swasta serta zakat tabungan.

“Adapun zakat perusahaan dibagi kedalam dua bagian, yaitu zakat dari BUMD dan industri swasta. BUMD Kota Bogor terdiri atas lima perusahaan daerah. Dari laba bersih yang diraih keempat perusahaan daerah tersebut, diperoleh potensi zakat BUMD yang mencapai angka Rp 3.27 miliar,” kata Chatib.

Dalam pemaparannya, Chatib menyampaikan hadis Nabi Muhammad yang artinya: “sedekah tidak mengurangi harta.” “Kami ingin menyampaikan bahwa kita tak perlu khawatir akan berkurang harta sebab kita membayar zakat atau bersedekah. Hadis tersebut merupakan garansi dari Nabi, kalau kita masih ragu lantas siapa yang kita percayai sabda-sabdanya,” ujarnya.

Pejabat Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya menyambut baik kehadiran BAZNAZ dan program sosialiasinya di PDAM.  “Alahamdulillah pertemuan ini dihadiri seluruh kepala bagian dan kepala sub bagian. Selanjutnya, mereka yang akan mensosialisasikannya ke stafnya masing-masing,” kata Deni.(humas dan sosial)