Kementerian PUPR Dampingi Tirta Pakuan Terapkan Aplikasi InfoPDAM
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4930 kali sejak 21/06/2016 16:01:56

PENDAMPINGAN: Suasana Pendampingan Penerapan Aplikasi InfoPDAM oleh tim pendamping Kementerian PUPR di ruang rapat utama PDAM Kota Bogor, Senin (20/6). (foto:humas dan sosial)

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pendampingan pada PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dalam penerapan Aplikasi InfoPDAM. InfoPDAM merupakan media penyampaian informasi dengan alamat website www.infopdam.com. Webiste ini khusus diperuntukkan bagi PDAM di Indonesia.

Tim pendamping dari Direktorat Pengembangan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR melakukan kunjungan ke PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor pada 20-25 Juni 2016.

Salah satu tim pendamping Sigit Bayu Artha mengatakan, kunjungan lapangan ini merupakan salah satu tahapan dalam rangkaian kegiatan Pendampngan Aplikasi InfoPDAM tahun anggaran 2016. Tujuannya, lanjut dia, untuk melakukan verifikasi terhadap rencana tindak yang telah disusun pada saat workshop di Jakarta pada 11-13 Mei lalu.

“Kita ingin mengidentifikasi kendalama implementasi rencana tindak di lapangan dan memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Output yang diharapkan adalah bahwa para petugas InfoPDAM mampu melakukan pengisian dan menggunakan aplikasi InfoPDAM dengan baik” ujar Bayu.

Bayu menambahkan, aplikasi ini dihadirkan dengan maksud untuk meningkatkan dan menonitor kinerja PDAM. Ada tiga fitur utama dari website ini, pertama layanan master data. Layanan master data ini terintegrasi dengan pemerintah pusat, setup data kabupaten, cabang dan provinsi serta memberikan hak privasi kepada PDAM.

Kedua input data dan laporan. Layanan ini memberikan aktualitas dalam sistem pelaporan yang terintegrasi dan realtime access. Ketiga kolborasi, kolaborasi wacana melalui forum, media dan e-library. Fitur ini memberikan keluluasaan bagi PDAM untuk berkolaborasi dalam bentuk penyebaran sistem informasi.

“Dengan input data real time, PDAM bisa melihat dan mebandingkan kinerja tiap bulan maupun tahun. Baik itu kinerja keuangan, manejemen maupun operasional.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya melalui Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) H. Hendra Setiawan menyambut baik adanya pendambingan dari Kementerian PUPR ini.

“Setelah adannya pendampingan ini, kami berharap admin atau petugas PDAM dapat menginput informasi yang berkaitan dengan sistem ini,” kata Hendra.

Hendra menyebutkan, di Indonesia ada 21 PDAM dan lima provinsi di Indonesia yang akan bersinergi dengan menggunakan aplikasi InfoPDAM. Sementara di Jawa Barat sudah empat PDAM yang terkonformasi ikut serta, di antaranya PDAM Kota Bogor, PDAM Kabupaten Bogor, PDAM Kabupaten Subang dan PDAM Kabupaten Sukabumi.

“Kami turut bangga dapat berpartisipasi mengikuti program pemerintah pusat untuk meningkatkan kinerja PDAM di Indenesia dalam rangka target 100-0-100 tahun 2019, dimana seluruh PDAM di Indonesia harus sehat,” pungkas Hendra. (humas dan sosial)