Cegah Pemburu Pokemon Masuk Objek Vital PDAM
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2419 kali sejak 21/07/2016 12:54:36

OBJEK VITAL: IPA Dekeng II salah satu objek vital milik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

Fenomena game Pokemon Go memunculkan kekhawatiran soal pelanggaran privasi dan penerobosan objek vital. PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengingatkan masyarakat agar tidak sembarangan masuk ke lokasi-lokasi objek vital milik PDAM. Dikhawatirkan, data yang terekam itu akan dimanfaatkan untuk kepentingan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab seperti spionase, pencurian, bahkan terorisme.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya menuturkan objek vital itu antara instalasi pengolahan air, sumber-sumber, jaringan perpipaan, dan kantor pusat Jalan Siliwangi. Tidak bisa sembarangan orang bisa masuk ke kawasan tersebut tanpa izin khusus.

“Permainan ini menciptakan peluang bagi para gamer untuk mencari tahu posisi Pokemon Go. Ini mengganggu, apalagi kalau sasarannya berada di lokasi-lokasi vital milik PDAM,” papar Deni, Kamis (21/7).

”PDAM itu kan banyak objek-objek vitalnya. Kalau dimasuki oleh sembarang orang, apalagi untuk hal-hal tak penting seperti menangkap Pokemon, ya harus kita cegah. Saya khawatir ini digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, nanti yang rugi masyarakat Kota Bogor,” lanjut Deni.

Deni telah memerintahkan jajaran terkait, seperti Unit Pengamanan Dalam (UPD), Bagian Produksi serta Transmisi dan Distribusi bersikap tegas, bahkan melarang pemburu Pokemon Go masuk ke dalam lokasi-lokasi obyek vital PDAM itu.

“Banyak berita di media massa, bagaimana para pemburu Pokemon masuk ke objek-objek vital dan startegis nasional. Seperti di Cirebon, ada bule masuk ke Markas Kodim, begitupun mahasiswa masuk ke lokasi yang sama hanya untuk mendapatkan monster dalam permainan Pokemon. Ini sangat bahaya,” tegas Deni. (humas dan sosial)