Tim RPAM Kota Bogor Kunjungi IPA Limau Manis Medan
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2469 kali sejak 26/08/2016 07:19:58

STUDI BANDING: TIM RPAM PDAM Kota Bogor mengunjungi IPA Limau Manis milik PDAM Tirtanadi Medan, Kamis (25/8). (foto: huamas dan sosial) 


TIM Water Safety Plan atau Penerapan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengunjungi Intalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis milik PDAM Tirtanadi Medan di Jalan Limau Manis Tanjung Morawa Deli Serdang Sumatera Utara, Kamis (25/8).

Kepala Bagian Transmisi dan Distribusi (Trandis) PDAM Tirta Pakuan Adi Gunadi mengatakan, kunjungan ke IPA dengan kapasitas produksi 600 liter perdetik itu merupakan bagian dari kegiatan studi banding dalam penyusunan program RPAM yang akan diterapkan di Kota Bogor.

“Di IPA tersebut kita mendapatkan banyak pengetahuan bagaimana cara penanganan masalah yang dihadapi PDAM Tirtanadi. Misalnya kalau musim hujan, air bakunya keruh, bagaimana cara mengatasinya. Kita bisa terapkan di Bogor,” kata Adi.

Secara umum, tambah Adi masalah yang dihadapi Tirtanadi hampir sama yang dialami Tirta Pakuan. Salah satu kesamaannya adalah tingkat kekeruhan air baku yang rendah saat musim kemarau.

DISKUSI: Tim RPAM PDAM Kota Bogor berdiskusi dengan manajemen PDAM Tirtanadi Medan. (foto: humas dan sosial)

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melakukan kunjungan kerja ke PDAM Tirtanadi Medan untuk mempelajari penyusunan Water Safety Plan atau RPAM di PDAM Tirtanadi dan manfaatnya. Studi banding yang dipimpin Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama Deni Surya Senjaya ini berlangsung empat hari (23-26/8).

Kunjungan ke ibukota Sumatera Utara ini dalam rangka penerapan konsep RPAM di PDAM yang sangat diperlukan untuk menjamin kelangsungan penyediaan air minum bagi masyarakat. Medan dipilih karena telah mengimplementasikan salah satu program yang diadopsi dari World Health Organization (WHO) tersebut.

“PDAM Tirtanadi ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menjadi mentor PDAM Tirta Pakuan dalam penyusunan RPAM di PDAM Tirta Pakuan. Itu alasan kita melaksanakan studi banding ke PDAM Tirtanadi,” ujar Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya. (humas dan sosial)