SD Regina Pacis Belajar Pengolahan Air di IPA Dekeng
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3976 kali sejak 28/09/2016 22:00:46

Sebanyak 192 siswa SD Regina Pacis Bogor berkunjung ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP) Dekeng 2 di Kampung Dekeng, Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, pada Selasa dan Rabu (27-28/9).

Kegiatan sekolah ini bertujuan untuk mengetahui proses pengolahan air di instalasi milik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, serta cara pemakaian air dalam kehidupan sehari-hari.

Guru pembimbing SD Regina Pacis Pasca Lia mengatakan, kunjungan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun untuk siswa kelas IV.

"Visit ke tempat pengolahan air ini merupakan agenda tahunan bagi siswa kelas 4 di sekolah kami. Tujuannya untuk memperoleh sarana pembelajaran di luar kelas. Tidak sekedar teori, tapi bisa belajar langsung secara real. Selain itu juga sesuai dengan pelajaran tematik tentang Hemat Energi. Di sini siswa bisa belajar langsung bagaimana cara mengolah air minum dan pemanfaatannya harus seperti apa,” ujar Lia.

“Kami ajak siswa ke sini agar mereka tahu kalau bikin air bersih itu susah. Kita jelaskan kepada anak-anak, sayang kalau kita selalu sering-sering buang air bersih. Kita tanamkan prinsip hemat air ini sejak dini kepada anak-anak,” kata tambahnya.

Setelah mengunjungi IPA Dekeng, para siswa itu diharuskan membuat laporan kunjungan. Bahkan mereka diminta membuat poster bertema hemat energi.

Rombongan disambut kepala Sub Bagian Humas dan Sosial Nerry Agustina dan Kepala Sub Bagian Pengolahan Rudi Hermawan. Nerry dan Rudi bergantian mempresentikan pentingnya menghemat air dan sistem pengolahan di IPA berkapasitas 1000 liter per detik itu.

Nerry mengatakan senang dapat menjadi mentor bagi para siswa itu. “Saya setuju jika anak-anak itu dibekali ilmu-ilmu yang positif, seperti menghemat air. Semangat itu harus terus kita ingatkan kepada anak-anak. Jika terus kita ingatkan, maka akan menjadi kebiasaan. Anak-anak akan terbiasa menghemat air,” katanya. (humas dan sosial)