Dirum Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4617 kali sejak 01/10/2016 15:51:42

DIREKTUR Umum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan upacara PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Sabtu (1/10). Ratusan pegawai dari tingkat kepala bagian, kepala sub bagian serta pelaksana dengan khidmat mengikuti upacara yang dilaksanakan setiap 1 Oktober ini.

Upacara sendiri dimulai dengan menyanyikan lagi kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan serta membacakan teks Pancasila. Upacara selanjutnya ditutup dengan pembacaan Ikrar Kesetiaan terhadap bangsa dan Negara oleh Syaban yang naskahnya sendiri ditandatangani oleh Ketua DPR RI DR H Ade Komarudin.

Ikrar ini berisi tentang ajakan untuk bersama membulatkan tekad mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila. Disebutkan dalam petikan ikrar dimaksud bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan. Baik dari dalam maupun luar negeri, terhadap NKRI.

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara. Namun dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tulis Ketua DPR RI dalam ikrar yang mengatasnamakan Bangsa Indonesia tersebut.(humas dan sosial)