Jaga Pasokan Air Baku, PDAM Keruk Lumpur Cisadane
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2996 kali sejak 05/10/2016 09:06:10

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melakukan pengerukan lumpur di sekitar bendung Sungai Cisadane dekat intake Ciherang Pondok, Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor.
Pejabat Sementara PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya melalui Kepala Sub Bagian Sumber Gunawan menuturkan, pengerukan ini merupakan program rutin tahun Sub Bagian Sumber untuk menjaga pasokan air baku di intalasi pengolahan air minum (IPA) Dekeng agar layanan air bersih ke pelanggan tetap maksimal.

“Ada pendangkalan sedimen di sekitar intake Ciherang Pondok, kami khawatir pendangkalan ini akan mengganggu debit air baku yang masuk ke intake, sehingga pengolahan air bersih di IPA Dekeng tidak maksimal. Makanya kita lakukan pengerukan ini,” kata Gunawan, Rabu (5/10).

Pengerukan ini rencanakan berlangsung beberapa pekan. Selama kegiatan, Gunawan menjamin pelayanan air bersih ke pelanggan di Zona III dan IV tidak akan terganggu, begitu pula bagi masyarakat di sekitar bendungan.

“Pengerukan ini sama sekali tidak akan mengganggu produksi. Debit air baku dari intake ke IPA Dekeng tetap normal, sekitar 1.800 liter perdetik. Jadi pasokan air ke pelanggan tetap normal,” kata Gunawan. (humas dan sosial)