Ingin Hidup Sehat dan Jauh dari Penyakit? Ayo Cuci Tangan Setiap Saat
Oleh: Humas PDAM - dibaca 6431 kali sejak 18/10/2016 08:00:36

Walikota Bogor Bima Arya dalam kampanye Perilaku Hidup Bersih Sehat dan Cuci Tangan Pakai Sabun di Taman Ekspresi Sempur, Senin (17/10/2016).(foto: Humas Pemkot Bogor)

Sumber: Humas Pemkot Bogor

Untuk bisa hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan rutin berolahraga, namun hal ini perlu upaya karena harus bergerak. Tetapi ada satu cara yang sederhana dan mudah. Cara ini diajari turun temurun oleh orang tua dan kakek nenek kita, yaitu cuci tangan. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya saat membuka secara resmi kampanye Perilaku Hidup Bersih Sehat dan Cuci Tangan Pakai Sabun di Taman Ekspresi Sempur, Senin (17/10/2016).

Menurut Bima, dari dulu sampai sekarang seluruh keluarga masih mengajarkan anaknya untuk cuci tangan. Karena kesibukan kadang lupa dan menganggap bahwa cuci tangan hanya dilakukan pada saat mau makan. Padahal seharusnya cuci tangan itu dilakukan setiap saat.

Setiap saat tangan menyentuh macam-macam benda yang sudah pasti banyak virus dan bakterinya. Oleh karena itu tidak hanya mau makan saja, perilaku mencuci tangan harus dilakukan dalam banyak hal, setiap saat.

Bima mencontohkan, begitu masuk rumah ketua TP PKK selalu mengingatkan dirinya untuk cuci tangan. Demikian pula ketika masuk kamar. Artinya cuci tangan harus dilakukan setiap saat karena kita tidak pernah tau apa yang menempel ditangan kita. “Bayangkan saya yang sudah berusia 43 tahun saja masih harus diingatkan, apalagi anak-anak,” ujar Bima.

Selanjutnya ia menegaskan tentang pentingnya kampanye cuci tangan yang harus dilakukan setiap saat. Demikian pula dengan tempat cuci tangan yang harus semakin diperbanyak dengan menggunakan air yang mengalir. Baik di pusat-pusat kuliner maupun di sekolah-sekolah. Terkait hal ini akan segera dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan agar di setiap sekolah disediakan fasilitas cuci tangan dengan air yang mengalir dan lengkap dengan sabunnya.

“Kami mendukung dan sekaligus mengingatkan pada semua untuk mengkampanyekan gerakan cuci tangan dengan air mengalir serta harus menggunakan sabun,” tandas Bima. “Terimakasih kepada PDAM yang mendukung acara ini dan juga dinas-dinas yang akan memastikan bahwa pusat kuliner memiliki fasilitas cuci tangan lengkap,” pungkasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor, Yane Ardian Bima Arya mengharapkan kampanye mencuci tangan dengan sabun terus digallakkan, agar banyak masyarakat yang semakin sadar manfaatnya. “Himbauan dari UNICEF dan WHO bahwa tangan adalah sumber kuman, melalui kampanye masal setahun sekali dapat mengingatkan kepada masyarakat untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun,” kata Yane.

Menurutnya, banyak manfaat yang dirasakan dari kebiasaan mencuci tangan pakai sabun, yakni terhindari dari penyakit menular. “PKK Kota Bogor terus mendukung Dinas Kesehatan untuk mengkampanyekan cuci tangan pakai sabun hingga seluruh lapisan masyarakat, sehingga mewujudkan masyarakat Bogor yang sehat,” katanya.

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor turut berkontribusi dengan menyediakan dua tangki air dan ratusan paket bingkisan. Para pendukung acara yang terdiri anak-anak, kader TP PKK Kota Bogor dan komunitas secara bergiliran mendemontrasikan langkah-langkah cuci tangan yang benar dengan menggunakan air bersih yang disediakan PDAM.

Kepala Sub Bagian Humas dan Sosial PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Nerry Agustina yang mewakili Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya dalam kesempatan itu mengatakan, PDAM berkomitmen menjaga kualitas air yang diproduksi dengan mempertahankan kehigienisan dan kebersihan.

“Air minum yang diproduksi PDAM kami jamin kebersihan dan kehigienisan. Kami turut berkomitmen menyediakan air bersih yang layak untuk mewujudkan masyarakat Kota Bogor yang sehat dan sejahteran sesuai program Bogor sebagai Kota Sehat,” tandas Nerry.(humas dan sosial)