Kunjungi Sumber Air, Wakil Walikota Pastikan Layanan PDAM On the Track
Oleh: Humas PDAM - dibaca 5559 kali sejak 15/11/2016 13:01:16


Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman (kiri) meninjau intake Ciherang Pondok, Senin (14/11). (foto: humas dan sosial)

BOGOR – Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman menilai layanan air minum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor masih berjalan sesuai yang diharapkan. Ini disampaikan usai meninjau sumber mata air Tangkil di Desa Tangkil Kecamatan, Intake Ciherang Pondok Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor dan lokasi jaringan perpipaan yang terdampak pembangunan tol Bocimi di Desa Tengek Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor, Senin (14/11).

Usai berkeliling di tiga lokasi tersebut, Usmar menyebutkan sumber-sumber air baku PDAM Kota Bogor sudah terawat dengan sangat baik. Dia pun mengapresiasi program penghijauan (reboisasi) di area objek vital milik PDAM ini.

“Faktanya kondisi lingkungan di sumber air Tangkil dan intake Ciherang Pondok sudah sangat terawat. Jadi suport anggaran dari PMP (penyertaan modal pemerintah daerah) bisa diimplemetasikan dalam bussines plan yang salah satunya untuk perawatan sumber air ini,” kata Usmar.

Usmar dan Pjs Direktur Utama PDAM Kota Bogor Deni Surya Senjaya meninjau lokasi jaringan perpipaan PDAM terdampak proyek tol Bocimi di Desa Tengek Kecamatan Cijeruk. (foto: humas dan sosial)

Sementara terkait gangguan produksi akibat polutan dan limbah industri di daerah hulu, Usmar menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk mengatasi masalah ini.

“Dengan komunikasi dan pengawasan ketat, industri-industri harus mengelola air limbahnya sesuai standar baku mutu air limbah. Sehingga ke depan masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor bisa merasakan manfaatnya,” kata mantan anggota DPRD Kota Bogor itu.

Usmar meyakini, PDAM yang ditangani profesional berpengalaman bisa terus menjalankan fungsinya sebagai perusahaan penyedia air minum bagi masyarakat Kota Bogor. “Sejauh ini layanan PDAM masih on the track, karena ditangani orang-orang pengalaman,” tandasnya.

Untuk diketahui, sumber air Tangkil di Desa Tangkil Kecamatan Caringin mampu memproduksi 130 liter perdetik yang disalurkan ke pelanggan di wilayah zona I. Sementara intake Ciherang Pondok yang mengandalkan pasokan dari aliran Sungai Cisadane, PDAM mampu memproduksi sebesar 1.800 liter per detik. "Dimana sekitar 80 persen produksi air PDAM ini dihasilkan dari Ciherang Pondok," pungkasnya. (humas dan sosial)
 

Usmar dan pegawai PDAM Kota Bogor di sumber mata air Tangkil. (foto: humas dan sosial)