PDAM Perbaiki Pipa di Jalur RI 1
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3095 kali sejak 02/02/2017 17:19:40


 
BOGOR – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menyelesaikan perbaikan pipa AC diameter 4 inch yang bocor di sekitar Tugu Kujang, Rabu sore (1/2). Perbaikan pada Rabu sore ini merupakan kelanjutan dari pengerjaan penanganan pipa bocor pada di tempat yang sama pada Selasa malam (31/1) pukul 21:00 WIB.

Petugas Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sempat kesulitan menemukan titik bocor di jalan yang sering dilalui Presiden RI Joko Widodo iu. Sebab menurut Kepala Bagian Transmisi dan Distribusi PDAM Kota Bogor Adi Gunadi titik bocor bukan berada di titik keluar air, sehingga petugas harus menggali beberapa titik untuk menemukannya.

“Titik keluar air yang kita lihat ternyata bukan merupakan titik bocor. Jadi kita harus mencari titik bocornya dulu dengan menghitung ruas batangan pipa dan menggali lubangnya. Pencarian satu titik ke titik lain bisa sampai 1-2 jam. Alhamdulillah setelah menggali di beberapa titik, pipa yang  mengalami kebocoran dapat di temukan pada Rabu siang pukul 13:00 WIB dan kita selesaikan pukul 15:00 WIB. "Justru proses pencarian titik pipa yang bocor itu yang cukup sulit,” kata Adi.

Salah satu kesulitan penanganan pipa bocor di sekitaran Jalan Pajajaran itu adalah karakter jalan yang berubah sehingga sulit menemukan posisi pipa. Adi menyebutkan, titik kebocoran berjarak 10 meter dari titik keluarnya air.

“Bagaimanapun kondisi di lapangan, perbaikan itu harus cepat dituntaskan. Karena kawasan Tugu Kujang termasuk jalur lalu lintas paling padat di Kota Bogor. Apalagi Pak Jokowi dan iring-iringan pasukan pengamanannya sering melintas di jalan itu. Jadi harus cepat selesai, dan bekas galian harus kembali rapi seperti semula,” tutur mantan Kepala Bagian Produksi PDAM Kota Bogor itu.

Adi bersyukur tim Penanggulangan Kebocoran di bawah komando Kepala Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran PDAM Kota Bogor Dani Rakhmawan telah menjalankan tugasnya dengan tuntas. Sehingga pelayanan air bersih di Kota Bogor tetap prima.

Saat perbaikan berlangsung, beberapa daerah di zona III seperti sekitar Jalan Cidangiang, dan Jalan Otista mengalami gangguan layanan. Petugas Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan harus menghentikan pasokan air ke wilayah tersebut untuk memudahkan tim kebocoran menjalankan tugasnya.  “Memang sempat ada gangguan. Tapi saat perbaikan selesai, aliran air kembali normal,” tutup Adi. (humas dan sosial)