Pemerintah Korea Berpeluang Danai Program NRW Kota Bogor
Oleh: Humas PDAM - dibaca 4750 kali sejak 17/03/2017 15:28:34



BOGOR – Perusahaan pemerintah asal Korea, Korea International Cooperation Agency (KOICA) menjajaki kemungkinan membiayai program penurunan tingkat kehilangan air (Non Revenue Water/NRW) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melalui program.

Melalui program Pipe Assessment and Rehabilitation Technology for NRW Reduction Pilot Project, PDAM Kota Bogor berpeluang mendapatkan bantuan dari pemerinah Korea Selatan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meningkatkan kualitas layanan air bersih, terutama penurunan angka kehilangan air.

Pekan lalu, sejumlah pakar dari  KOICA didampingi staf Kementerian PUPR menyambangi kantor PDAM Kota Bogor di Jalan Siliwangi dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng. Mereka ingin mengetahui secara langsung kondisi perpipaan air bersih di Kota Bogor.

Kepala Bagian Transmisi dan Distribusi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Adi Gunadi menyatakan, Kota Bogor menjadi salah satu daerah yang diusulkan mendapat bantuan untuk penurunan NRW di Indonesia.

“Kenapa kita (PDAM Kota Bogor) dikunjungi dan berpeluang mendapatkan bantuan dari Korea? Karena menjadi daerah binaan dari Kementerian PUPR untuk program 100 persen cakupan layanan air bersih di Kota Bogor,” kata Adi.

Adapun kriteria yang digunakan dalam pilot project ini diantaranya PDAM sehat dengan tingkat NRW ≤35%, maka PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor direkomendasikan untuk menjadi lokasi kunjungan dari Korea dalam rangka survey untuk Persiapan Pipe Assessment and Rehabilatation Technology for Non-Revenue Water Reduction Pilot Project.

Sebagaimana diketahui bahwa PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor adalah salah satu PDAM yang memiliki Rasio Kinerja yang Baik dan Sehat berdasarkan penilaian BPPSPAM dan berdasarkan Kepmendagri no. 47 th.1999 tentang Pedoman Penilaian Kinerja PDAM, dengan tingkat NRW ≤35%.

Dengan adanya Project ini diharapkan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mampu menurunkan tingkat NRW, sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam pelayanan air minum yang aman dan memenuhi prinsip Kualitas, Kuantitas, Kontinyuitas (3K).

Diketahui, Koica (Korea International Cooperation Agency) adalah perusahaan pemerintah Korea yang berfungsi dalam menjalin kerja sama luar negeri dengan berbagai negara.(humas dan sosial)