SD Panaragan Kidul Kunjungi IPA Dekeng
Oleh: Humas PDAM - dibaca 3284 kali sejak 08/05/2017 08:15:24


BOGOR - Sebanyak 65 siswa SD Panaragan Kidul mendapat ilmu baru tentang air bersih dari PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Ini setelah mereka mengunjungi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng di Kelurahan Genteng Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor pada Kamis (4/5/2017).

Kunjungan siswa-siswa SD kelas V ini didampingi oleh beberapa guru pendamping. Salah seorang guru pendamping Meta Prasasti mengatakan, kunjungan ini merupakan kegiatan pembelajaran luar kelas untuk membekali para siswa dengan wawasan lingkungan, salah satunya yaitu air bersih.

“Dalam pemaparan materi tentang air bersih di PDAM TB Kota Tangerang ini anak-anak mendapatkan pemahaman tentang alur dan sumber air bersih, serta pula tentang dampak-dampak dari kegiatan manusia apa saja yang mempengaruhi kualitas air bersih. Dengan begitu anak-anak mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan untuk menjaga ketersediannya air bersih,” tutur Meta.

Setelah penyampaian materi dan tanya jawab dengan bimbingan Kepala Sub Bagian Pengolahan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Rudi Hermawan, para siswa diajak berkeliling melihat secara langsung alat-alat produksi serta alur pengolahan dan distribusi air bersih di IPA berkapasitas 1500 liter perdetik itu.

Di akhir kunjungan ini, para siswa itu diharuskan membuat laporan kunjungan. Selama proses penyampaian materi di aula IPA Dekeng, para menyimak dan mencatat dengan baik. “PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor senang dapat menjadi media edukasi serta mentor bagi para siswa itu. Kegiatan seperti ini dapat menjadi bagian dari penanaman nilai-nilai positif pada diri anak,” kata Rudi Hermawan. (humas dan sosial)