Pasokan Air ke Puskesmas Tanah Sareal Kembali Normal
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2141 kali sejak 15/06/2017 09:04:48


BOGOR – Pasokan air bersih PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor ke Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor kembali normal setelah beberapa waktu mengalami gangguan. Pipa AC 4 inch yang bocor di pertigaan Jalan Dadali – Jalan Heulang menjadi penyebab utama terjadinya gangguan pelayanan ke pusat layanan kesehatan masyarakat tersebut.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana menuturkan, gangguan pelayanan air bersih ke Puskesmas Tanah Sareal terjadi akibat kebocoran pada pipa distribusi yang lokasinya tak jauh dari Puskesmas. Petugas menemukan badan pipa pecah diduga akibat sisa pengerjaan utilitas lain yang sejalur pipa PDAM Kota Bogor.

“Memang dulu di jalur itu ada pengerjaan pemasangan pipa lain. Nah galiannya kena dan menimbun pipa PDAM, lama kelamaan pipa kita pecah dan patah,” kata Syaban di ruang kerjanya, Kamis pagi (8/6/2017).

Petugas dari Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran pada Rabu siang (7/6/2017) memperbaiki pipa bocor tersebut. Sementara tim dari Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan melakukan pengaturan di instalasi bagian dalam. Setelah rangkaian perbaikan selesai, Kamis pagi (8/6/2017) dilaporkan pasokan air ke puskesmas kembali normal.

“Selama proses perbaikan, setiap hari kami kirim tangki air ke puskesmas. Kami ingin pastikan bahwa pelayanan di puskesmas tidak terganggu meski pasokan air sedikit terhambat. Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada pihak puskesmas dan masyarakat atas ketidaknyamanan ini,” kata Syaban.
Meski begitu, Syaban mengimbau kepada pengelola puskesmas untuk menambah penampungan air untuk mengantisipasi terjadinya gangguan pelayanan.

“Jumlah torent (Puskesmas Tanah Sareal) saat ini masih kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih di tiga gedung. Perlu ditambah. Selain itu pipa persilnya pun harus diganti, (ukurannya) yang lebih besar. Insya Allah jika penampungan ditambah dan pipa diperbesar, gangguan layanan akan cepat diatasi,” tutur Dirtek.

Di sisi lain, Syaban mengharapkan ada koordinasi dengan PDAM Kota Bogor jika ada pihak-pihak yang memasangan jaringan utilitasnya di dekat saluran pipa PDAM. “Kalau tidak ada koordinasi ya seperti ini. Pihak lain pasang pipa di dekat pipa PDAM, tidak ada kordinasi, ya pipa kita rusak. Kedepan, kami berharap kejadian ini tidak terulang,” tutup Syaban.

Sementara itu Kepala Puskesmas Tanah Sareal dr Sari Chandrawati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PDAM atas respon cepatnya. Menurutnya, ketersediaan air bersih di Puskesmas Tanah Sareal sangat dibutuhkan untuk keperluan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Puskesmas kami memberikan pelayanan yang sangat bergantung pada suplai air seperti Radiologi, Laboratorium, Poli Gigi, Rawat Inap, Persalinan dan lain-lain,” kata dokter Sari. (humas dan sosial)