Rawan Longsor, Perbaikan Pipa Bocor Bojong Koneng Dibatalkan
Oleh: Humas PDAM - dibaca 2538 kali sejak 07/10/2017 12:06:34

PDAM Siapkan Rencana Relokasi

BOGOR – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor membatalkan pelaksanaan perbaikan pipa AC diameter 18 inch di Desa Bojong Koneng Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Kamis pagi (5/10/2017). Area perbaikan yang tergerus longsor pada Rabu malam (5/10/2017) tak memungkinkan pengerjaan, karena khawatir terjadi longsor susulan yang dapat membahayakan petugas.
Informasi longsor di daerah Bojongkoneng diterima PDAM Kota Bogor pada Rabu malam. Tim dari Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran serta Pengaliran dan Jaringan langsung menuju ke tempat kejadian perkara (TKP), karena lokasi longsor berada di jalur pipa milik PDAM.
“Setelah kami cek, ternyata lokasi longsor berada di jalur pipa kita yang kebetulan baru rencanakan kita perbaiki Kamis pagi ini. Jarak titik perbaikan dengan lokasi longsor sekitar 30 meter. Tapi untuk menghindari hal yang lebih fatal, kami menghentikan aliran menuju ke zona 1 pada malam itu juga,” kata Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Syaban Maulana, Kamis.
PDAM kemudian memutuskan perbaikan pipa transmisi jalur sumber mata air Tangkil tersebut dibatalkan, dan menyiapkan rencana relokasi. Diperkirakan, relokasi membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu mengingat ada beberapa langkah teknis dan administrasi yang harus dikerjakan.
“Selama proses persiapan relokasi, kemungkinan pasokan air kami hentikan. Karena khawatir akan berpengaruh pada kondisi sambungan pipa yang bocor. Sehingga pasokan air bersih ke wilayah zona 1 akan terhenti,” kata Dirtek.(humas dan sosial)