Selamat Datang di Website Resmi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor

Anda adalah pengunjung ke
4428782 sejak Januari 2014

Berita
Informasi Gangguan
Pengumuman
Agenda
Galeri
Artikel
Tempat Pembayaran
Webmail Login


Temukan di Google Play

Langganan Berita menggunakan RSS
INFO KILAT
  •  03/11  Pelanggan Yth, pembayaran rekening air minum mulai 1 November dapat dilakukan tanggal 1 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya.
  •  28/10  Pelanggan Yth, khususnya wilayah Perum De Botanical, untuk mengantisipasi tekanan rendah di jam-jam tertentu (pagi dan sore hari), kami sarankan untuk membuat toren air dan menampung air saat mengalir. Terima kasih.
  •  08/10  Pelanggan Yth, kami informasikan line Call Center nomor 0251-8324111 sudah dapat digunakan kembali
  •  31/12  Pelanggan Yth. Laporkan nomor handphone Anda untuk mendapatkan informasi terupdate tentang PDAM Kota Bogor dengan format : nomor pelanggan (misal: 1234-5678)_nmr HP. Kirim ke 08111100123. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, terhitung mulai tanggal 3 Oktober 2014 Pendaftaran Pemasangan Sambungan Baru Air Minum melalui DAFTAR TUNGGU. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, Mulai tanggal 31 Januari 2015 Daftar Pemasangan Baru Sambungan Air Minum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dapat dilakukan secara On-Line.
BERITA
BPKP Apresiasi Whistle Blower System PDAM
2015-12-15 14:43:48 oleh: Humas PDAM [dibaca: 2727 kali]

Cegah Kecurangan, PDAM Terapkan Fraud Control Plan

SOSIALISASI: Suasana sosialisasi Fraud Control Plan (FCP) oleh BPKP Perwakilan Jawa Barat yang diikuti seluruh pejabat struktural di lingkungan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor di ruang rapat utama PDAM Kota Bogor, Selasa (15/12). (foto: humas dan sosial)

BADAN Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat sangat mengapresiasi langkah PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor yang telah menerapkan Fraud Control Plan (FCP) untuk mendeteksi tindak pidana korupsi. Keberadaan layanan Whistle Blower System (WBS) dalam website www.pdamkotabogor.go.id jadi salah satu atribut pengungkapan kecurangan yang layak dicontoh institusi lain di Indonesia.

Auditor Bidang Investigasi BPKP Perwakilan Jawa Barat Tuti Susilawati menuturkan, WBS merupakan implementasi dari penerapan sepuluh atribut FCP dalam sistem tatakelola pemerintahan berdasar prinsip good corporate governance (GCG). WBS sendiri sudah diterapkan PDAM Kota Bogor sejak April 2015, dan menjadi salah satu sarana efektif untuk mencegah kecurangan dari internal maupun ekternal perusahaan.

“Dua hari lalu saya buka website PDAM Kota Bogor. Saya lihat ada fasilitas WBS, ini sangat bagus. Kami sangat mengapresiasi langkah ini. Berarti PDAM Kota Bogor memang sudah menerapkan menerapkan sepuluh atribut FCP,” ujar Tuti saat sosialisasi FCP di ruang rapat utama PDAM Kota Bogor, jalan Siliwangi 121 Kota Bogor, Selasa (15/12).

ANTIKORUPSI: Auditor Bidang Investigasi BPKP Perwakilan Jawa Barat Tuti Susilawati (kiri) menyampaikan materi. (foto: humas dan sosial) 

Dia mengatakan, setiap instansi pemerintah harus membangun dan menerapkan sepuluh atribut FCP sebagai penguatan terhadap sistem tatakelola pemerintahan. Di antaranya kebijakan yang terintegrasi, struktur pertanggung jawaban yang dimiliki disetiap tingkatan manajemen, adanya pengelolaan resiko terjadinya kecurangan (fraud), kepedulian dan kontribusi karyawan dalam pengendalian fraud, kepedulian pelanggan/masyarakat dalam pencegahan dan pendeteksian penyimpangan, perlindungan terhadap pelapor adanya fraud, sistem pelaporan secara jelas, sistem pemberitahuan kepada pihak luar, standar investigasi terhadap dugaan adanya fraud, dan standar perilaku dan disiplin yang jelas.

“Nah, Whistle Blower System yang diterapkan PDAM ini merupakan implementasi dari sepuluh atribut FCP ini. Jadi saya kira, lembaga lain di negeri ini harus berani melakukan hal serupa, agar upaya kecurangan dan tindak pidana korupsi dapat dicegah sejak dini,” ujar wanita berjilbab ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya yang mewakili Direktur Utama H. Untung Kurniadi menjelaskan, godaan berperilaku korupsi di dalam birokrasi sangat rentan. Untuk itu dibutuhkan penguatan sistem pengendalian intern dan tata kelola di setiap organisasi dalam memerangi korupsi secara sistematik.

“Saya berharap, setelah menerapkan Fraud Control Plan tidak ada lagi kecurangan yang terjadi, baik yang dilakukan pegawai kita maupun dari pelanggan dan masyarakat. Jika kecurangan ini dapat kita tekan, saya yakin PDAM Kota Bogor akan lebih maju lagi,” ujar Deni. (humas dan sosial)
 

Berita:
SPAM Katulampa Diujicoba Pekan Depan
Sayembara Cipta Maskot dan VA Diperpanjang
Pastikan Pengamanan Pasokan, Dirum Keliling Sumber dan Instalasi
Dirum Dampingi Tugas Pembaca Meter
PDAM Bentuk Tim Pengamanan Pemilu
HUT ke-42, PDAM Adakan Sunatan Massal
Koneksi Pipa Cipaku, PDAM Harap Zona III Membaik
HUT ke-42, PDAM Bertekad Tingkatkan Pelayanan
PDAM Tirta Pakuan Masuk Nominasi Top BUMD 2019
Siswa Pusdikzi Belajar Pengolahan Air ke PDAM

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91
KALENDER
Oktober 2019
MinSenSelRabKamJumSab
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031 
Pengumuman
Sayembara Cipta Maskot dan Virtual Assistant
PEMBERITAHUAN DAN FORM PUBLIKASI MEDIA
Pemerintah Kota Bogor
PERPAMSI
Departemen P.U.
Program Hibah Air Minum & Sanitasi
Copyright © 2009 - 2019
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor
HOME | PROFIL | LAYANAN | PELANGGAN | ORGANISASI
Berita | Pengumuman | Agenda | Galeri | Artikel | Tempat Pembayaran | Webmail Login | Admin