Selamat Datang di Website Resmi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor

Anda adalah pengunjung ke
5969815 sejak Januari 2014

Berita
Informasi Gangguan
Pengumuman
Agenda
Galeri
Artikel
Tempat Pembayaran
Webmail Login


Temukan di Google Play

Langganan Berita menggunakan RSS
INFO KILAT
  •  03/11  Pelanggan Yth, pembayaran rekening air minum mulai 1 November dapat dilakukan tanggal 1 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya.
  •  28/10  Pelanggan Yth, khususnya wilayah Perum De Botanical, untuk mengantisipasi tekanan rendah di jam-jam tertentu (pagi dan sore hari), kami sarankan untuk membuat toren air dan menampung air saat mengalir. Terima kasih.
  •  08/10  Pelanggan Yth, kami informasikan line Call Center nomor 0251-8324111 sudah dapat digunakan kembali
  •  31/12  Pelanggan Yth. Laporkan nomor handphone Anda untuk mendapatkan informasi terupdate tentang PDAM Kota Bogor dengan format : nomor pelanggan (misal: 1234-5678)_nmr HP. Kirim ke 08111100123. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, terhitung mulai tanggal 3 Oktober 2014 Pendaftaran Pemasangan Sambungan Baru Air Minum melalui DAFTAR TUNGGU. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, Mulai tanggal 31 Januari 2015 Daftar Pemasangan Baru Sambungan Air Minum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dapat dilakukan secara On-Line.
BERITA
PDAM Genjot Penambahan Kapasitas Produksi
2016-08-15 07:35:16 oleh: Humas PDAM [dibaca: 3227 kali]

AKSELERASI: Pjs Direktur Utama PDAM Kota Bogor Deni Surya Senjaya. (foto: humas dan sosial)


PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menggenjot program pertambahan kapasitas produksi air minum untuk mengantisipasi krisis air bersih pada tahun 2017. Sejumlah program kerja sudah disusun dengan matang dan telah disetujui Walikota Bogor BIma Arya.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan H. Deni Surya Senjaya mengatakan, kapastitas produksi itu sedang dikerjakan, antara lain dari SPAM Katulampa sebesar 300 liter perdetik (l/d). Kemudian pembangunan bronchaptering di sumber mata air Kota Batu sebesar 20 l/d. “Kami pun sedang membangunan reservoir di Jalan Merdeka untuk membantu pengaliran di wilayah zona IV,” kata Deni.

Program lain yang sedang dikebut Deni dan jajarannya adalah mengintensifkan maintenance beberapa unit produksi untuk meningkatkan kualitas layanan air bersih. “Seperti yang dilaksanakan saat ini. Petugas Sub Bagian Pengolahan memperbaiki hopper (kerucut lumpur) yang tersumbat oleh sampah dan batu. Kalau sudah diperbaiki, pembuangan lumpur akan lebih sempurna. Dan kami upayakan, perbaikan tersebut tidak mengganggu pelayanan,” jelas Deni.

Material pendukung perbaikan pipa bocor pun sudah tersedia di gudang dengan stok yang cukup banyak. Ini untuk mendukung program penurunan angka kehilangan air sebesar dua persen pada akhir tahun ini. “Sekarang petugas Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran makin bersemangat bekerja, karena memang materialnya sudah lengkap,” kata Deni.

Sementara mengenai keluhan air keruh di beberapa wilayah di Zona IV, Deni mengatakan hal tersebut sudah tertangani oleh petugas-petugas di lapangan yang bekerja tak kenal lelah. Deni mengatakan, petugas dari Bagian Produksi yang dibantu bagian Transmisi dan Distribusi serta bagian lain bahu membahu menangani gangguan pelayanan yang diakibatkan banyak faktor tersebut.

Deni menjelaskan, PDAM menghadapi kendala penurunan kualitas air baku dari Sungai Cisadane yang masuk ke intake Ciherang Pondok. Peningkatan aktivitas proyek urugan tanah tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan limbah industri dari salah satu pabrik besar di Caringin membuat pengolahan air baku di Intalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng menjadi lebih sulit.

“Apalagi ketika daerah hulu dilanda hujan deras yang menimbulkan banjir di Sungai Cisadane. Kadar kekeruhan air baku bisa naik drastis dari 50 NTU jadi 2000 NTU. Operator kita di intake Ciherang Pondok dan IPA Dekeng akan kerja bakti membersihkan lumpur dan sampah. Ini juga membuat sistem pengolahan air menjadi lebih sulit,” jelas Deni.

Meski demikian, petugas PDAM, terutama di Bagian Produksi serta Transmisi dan Distribusi tetap fokus menjaga kualitas pelayanan air bersih kepada pelanggan. Saat produksi air menghadapi gangguan, terutama saat level di reservoir Cipaku dan Pajajaran menurun drastis, tim dari sub Bagian Pengaliran dan Jaringan akan mengatur aliran air agar pelanggan tetap dapat menikmati air bersih dari PDAM.

“Petugas dari Direktorat Teknik selalu berkordinasi jika terjadi gangguan. Jika reservoir Cipaku atau Pajajaran tidak dalam kondisi normal, petugas pengaliran akan memberlakukan sistem buka tutup. Jika sudah begitu, maka bakal ada beberapa daerah yang mengalami gangguan. Ini normal saat ada gangguan,” beber Deni.

Lalu bagaimana dengan air keruh yang sudah sampai ke pelanggan? Dia bilang tidak perlu khawatir. Sebab secara umum kualitas air bersih PDAM Kota Bogor sudah sesuai dengan batas syarat Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Namun apabila merasa kurang yakin, pelanggan dapat menghubungi call center PDAM di nomor 0251-8324111. Petugas dari Sub Bagian Laboratorium akan melakukan pengujian sample air. Jika diperlukan, air keruh tersebut akan di-flushing (digelontorkan) melalui hydrant pemadam kebakaran atau pipa dinas sebelum meter air.

“Seperti yang terjadi pada tanggal 29 Juli lalu. Hari itu PDAM mendapat laporan air keruh dari salah seorang pelanggan di Jalan Skip Gedung 7 N0 42 RT 4 RW 1 Kelurahan Lawanggintung Bogor Selatan. Petugas lab lalu mengecek ke lokasi, dan melakukan uji sample. Diketahui kadar kekeruhan airnya sebesar 4,10 NTU. Ini masih di bawah batas syarat Permenkes (5 NTU),” kata Deni.

Petugas Lab kemudian berkordinasi dengan Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan untuk melakukan flushing selama 15 menit melalui hydran pemadam kebakaran. “Setelah diflushing tingkat kekeruhannya turun menjadi 2 NTU. Kami sampaikan bahwa angka tersebut sudah sesuai dengan batas syarat Permenkes,” urai Deni.

Dia menjelaskan, PDAM tetap berkomitmen menjaga kualitas layanan demi kepuasan pelanggan. “Jika pelanggan membutuhkan informasi, melaporkan informasi kebocoran pipa atau kualitas air di rumahnya, silakan hubungi call center PDAM 24 jam di nomor 0251-8324111. Petugas kami akan berupaya maksimal merespon informasi tersebut dengan cepat,” tutup Deni. (*)

Berita:
241 Karyawan Tirta Pakuan Ikuti Rapid Test, Semuanya Non-Reaktif
BACA METER MANDIRI BISA MELALUI SIMOTIP
MEMPERINGATI HARI KARTINI 21 APRIL 2020
Tirta Pakuan - Satpol PP Sebar Masker Kain di Pasar Anyar
Perumda Tirta Pakuan Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Tirta Pakuan Ajak Pelanggan Baca Meter Mandiri
Semprot Disinfektan di Area Kantor
Tirta Pakuan Upayakan Layanan Normal saat WFH
Cegah Covid 19, Tirta Pakuan Ubah Jam Operasional
Hoax! Gangguan Pasokan Air Akibat Limbah

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92
KALENDER
Nopember 2020
MinSenSelRabKamJumSab
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930 
Pengumuman
Pengumuman Tender Jasa Pengamanan Dalam
Pengumuman Gagal Tender Pengadaan Genset
Pemenang Tender Pengadaan Asuransi Kesehatan
Tender Pengadaan Jasa Layanan Kontak Center
Pemerintah Kota Bogor
PERPAMSI
Departemen P.U.
Program Hibah Air Minum & Sanitasi
Copyright © 2009 - 2020
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor
HOME | PROFIL | LAYANAN | PELANGGAN | ORGANISASI
Berita | Pengumuman | Agenda | Galeri | Artikel | Tempat Pembayaran | Webmail Login | Admin