.JPG)
Intake Ciherang Pondok (foto: humas dan sosial)
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengupayakan pasokan air bersih ke pelanggan pada moment Idul Adha 1437 H/2017 M tetap berjalan normal. Sejumlah persiapan teknis dan nonteknis sudah dilakukan agar pelayanan air bersih tidak mengalami gangguan yang berarti.
Kepala Bagian Transmisi dan Distribusi (Trandist) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Adi Gunadi mengatakan, jajarannya di sub Bagian Pengaliran dan Jaringan serta Penggulangan Kebocoran sudah menyusun langkah taktis untuk mengantisipasi gangguan layanan selama Idul Adha.
“Di momen hari raya Idul Adha, untuk tetap dapat memberikan layanan prima kepada pelanggan, PDAM telah memberlakukan sistem piket bagi pekerja lapangan. Sehingga terjadi kebocoran dan gangguan lainya, bisa langsung ditangani,” kata Adi, Minggu (11/9).
Selain sebagai upaya memberikan pelayanan yang baik saat moment Idul Adha, hal ini juga untuk menekan angka kerugian akibat loses (kehilangan) yang terlalu besar. “Kita sayang air, makanya jangan sampai terjadi kebocoran. Sayang, karena jika dibiarkan loses akan besar dan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Makanya meskipun sedang moment Idul Adha, kami tetap bekerja, ada beberapa staf yang kena giliran masuk untuk stand by dalam pengawasan pelayanan,” tegas Adi.
Adi berharap, cuaca di wilayah Bogor, terutama di kawasan sumber dapat lebih bersahabat. Lebih tepatnya, tidak dalam skala besar yang dapat menyebabkan banjir, lumpur dan tumpukan sampah, sehingga berpotensi mengurangi debit air baku di instalasi pengolahan air (IPA).
“Ini (sampah dan lumpur saat banjir) sering menjadi kendala di sistem pengolahan kami. Saat terjadi masalah di intake saat banjir bandang, produksi kita berkurang. Akibatnya pasokan air ke pelanggan sedikit teranggu. Tapi petugas kita di lapangan sudah stand by, jika sewaktu-waktu ada gangguan pada sistem pengaliran,” kata Adi.
Adi mengingatkan kembali agar pelanggan dapat menampung air pada malam hari, karena tekanan air pada saat itu sangat tinggi. Terlebih saat moment Idul Adha, dia melihat ada kencenderungan pelanggan akan menggunakan air PDAM secara serentak, terutama di daerah perumahan Griya Melati, Ziara Valley, Griya Soka, dan lain-lain.
“Ada baiknya pada Minggu malam (11/9), pelanggan dapat menampung air terlebih dahulu, sehingga dapat dipergunakan untuk keperluan mandi dan wudlu sebelum Shalat Ied besok (Senin, 12/9). Namun, jika ada gangguan pengaliran, silakan hubungi call center PDAM di nomor 0251-8324111. Insya Allah petugas kita sudah stand by di posnya masing-masing. Sehingga pelanggan dapat merayakan Idul Adha dengan kyusuk,” tutup Adi. (humas dan sosial)